Kebudayaan Dongson dibawa oleh orang-orang Austronesia mereka pergi ke Nusantara dengan membawa?

Kebudayaan Dongson dibawa oleh orang-orang Austronesia mereka pergi ke Nusantara dengan membawa?

Jawaban

Kebudayaan Dongson dibawa oleh orang-orang Austronesia mereka pergi ke Nusantara dengan membawa Logam.

Penjelasan

Kebudayaan Dongson merupakan sebutan untuk kebudayaan zaman perunggu di kawasan Asia Tenggara.

Nama Dongson sendiri diambil dari sebuah wilayah di lembah Song Hong, Vietnam.

Dong Son merupakan nama tempat penelitian kebudayaan logam pra-sejarah pertama di lembah Song Hong, Vietnam.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa Dongson merupakan pusat dari kebudayaan zaman perunggu Asia Tenggara pada masa itu.

Bangsa pendukung dari kebudayaan Dongson adalah bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda).

Pada perkembangannya, bangsa Deutro Melayu menyebarkan kebudayaan zaman perunggu hingga ke seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bangsa Deutro Melayu melakukan persebaran kebudayaan Dongson ke Indonesia melalui jalur Barat, yaitu Vietnam – Malaysia – Sumatera – Nusantara.

Kedatangan bangsa Deutro Melayu di Indonesia berlansung pada sekitar tahun 500 Sebelum Masehi.

Pengaruh Dongson di Indonesia berupa sistem teknologi dan kesenian, sistem kepercayaan, ilmu pengetahuan dan sistem ekonomi.

Dalam sistem teknologi dan kesenian, hasil kebudayaan Dongson yang dapat ditemukan di Indonesia adalah : Bejana perunggu, Nekara perunggu, Perhiasan perunggu, Ara Perunggu, Kapak Corong, Manik-manik.

Dalam buku Sejarah Indonesia masa Praaksara (2012) karya Herimanto, kebudayaan perunggu yang berkembang di Indonesia mendapatkan banyak pengaruh dari kebudayaan perunggu kawasan Indochina (Asia Tenggara daratan).

Kesimpulan

Pertanyaan kebudayaan dongson dibawa oleh orang-orang austronesia mereka pergi ke nusantara dengan membawa? kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan kebudayaan dongson dibawa oleh orang-orang austronesia mereka pergi ke nusantara dengan membawa? yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan kebudayaan dongson dibawa oleh orang-orang austronesia mereka pergi ke nusantara dengan membawa? melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan kebudayaan dongson dibawa oleh orang-orang austronesia mereka pergi ke nusantara dengan membawa? yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top