Cara Menggunakan Soundcard USB di Android

Perangkat keras yang mengolah data berbasis audio atau dikenal dengan soundcard memang menjadi kebutuhan penting yang dimiliki oleh sebagian kalangan terutama yang memang sering membuat konten dengan suara, cover lagu, maupun membuat home studio.

Sekarang sudah ada soundcard USB yang lebih simpel dan bisa digunakan baik di komputer maupun di smartphone Android. Di bawah ini merupakan cara menggunakan soundcard USB yang dapat digunakan di smartphone android :

1. Siapkan OTG dan USB Soundcard

On The Go atau yang lebih dikenal OTG merupakan perangkat tambahan yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan OTG memiliki banyak fungsi yang memudahkan, contohnya yaitu untuk membaca data dari flashdisk, untuk webcam, maupun merekam audio.

OTG juga memiliki fungsi sebagai perangkat tambahan untuk merekam audio dengan menggunakan soundcard. Untuk menggunakan soundcard di hp Android, terlebih dahulu siapkan OTG. Kemudian tentunya juga siapkan USB soundcard untuk menghubungkan perangkat tambahan lainnya yang akan digunakan.

2. Sambungkan OTG ke Android

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan mudah saja, yaitu hubungkan OTG pada smartphone android yang akan digunakan. OTG ini berfungsi untuk menyambungkan USB soundcard nantinya.

3. Colokkan USB Soundcard

Jika ingin menggunakan soundcard di android, pastikan USB soundcard tersedia. USB soundcard ini digunakan untuk menyambungkan perangkat pendukung lainnya. Setelah disiapkan, hubungkan USB soundcard tersebut ke OTG yang sudah terpasang di smartphone android.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Baterai HP Tanam Supaya Tidak Boros

Pastikan USB soundcard sudah terbaca di smartphone. Di USB soundcard ini terdapat dua port yang berfungsi untuk menyambungkan perangkat lainnya yang mendukung proses rekam audio tersebut.

4. Hubungkan Microphone dan Speaker pada Port USB

Port yang terdapat di USB soundcard bertujuan untuk menyambungkan microphone dan speaker. Microphone digunakan untuk merekam suara. Apabila ingin merekam suara dengan mixer audio maka colokkan mixer audio di tempat port microphone.

Sedangkan untuk mendengarkan hasilnya, hubungkan kabel speaker pada port usb yang satunya. Jangan gunakan kabel jack 3,5mm, sebab perangkat yang aktif hanyalah microphone dan speaker yang ada di usb soundcard. Menggunakan kabel jack di usb soundcard melalui android akan membuat suara menjadi tidak muncul.

5. Mulailah Merekam Pada Aplikasi Rekam Suara

Untuk merekam suara, pastikan aplikasi rekam suara sudah terunduh di perangkat. Jika belum, aplikasi tersebut dapat diunduh terlebih dahulu. Tidak perlu bingung, banyak aplikasi rekam suara yang dapat digunakan dan kualitasnya bagus.

BACA JUGA  Ewallet Bar Shopee Generator Gratis Saldo Shopeepay 2022

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan adalah Lexis Audio Editor, Wave Editor, Hi-Q MP3 Voice Recorder maupun aplikasi lainnya. Tidak hanya dalam bentuk audio, ternyata soundcard juga dapat kita gunakan untuk merekam dalam bentuk video misalnya pada aplikasi Viva Video.

6. Dengarkan Hasil Rekamannya

Sebenarnya, saat merekam juga dapat sembari mendengarkan. Namun, lebih baiknya dilakukan setelah selesai perekaman agar lebih fokus mendengarkan hasilnya. Mendengarkan rekaman hasil soundcard dapat dilakukan dengan menghubungkan ke speaker maupun dengan headset.

Hasil suara yang dihasilkan soundcard terdengar tidak tumpang tindih. Rekaman yang dihasilkan memiliki kualitas jernih karena suara yang direkam diolah langsung oleh soundcard, namun kejernihan suara bergantung juga pada alat pendukung maupun versi soundcard itu sendiri.

Demikianlah cara menggunakan soundcard pada smartphone android. Mudah bukan? Cara ini dapat dipraktikkan dan tentunya sangat bermanfaat bagi kalangan yang berfokus pada suara. Sebab soundcard merupakan alat rekam audio yang paling jernih dan dapat diandalkan. Selamat mencoba langkah-langkah yang sudah dijelaskan.

BACA JUGA  6 Aplikasi Cutter Video yang Dapat Dioperasikan Pada Smartphone
Copyright © 2023 - PERIPAYER