Salah Satu Bukti Peninggalan Sejarah Akulturasi Budaya Hindu dan Islam Terdapat pada

Salah satu bukti peninggalan sejarah akulturasi budaya hindu dan islam terdapat pada

Salah Satu Bukti Peninggalan Sejarah Akulturasi Budaya Hindu dan Islam Terdapat pada

Salah satu bukti peninggalan sejarah akulturasi budaya hindu dan islam terdapat pada masjid-masjid kuno di Indonesia dari segi arsitektur berbeda dengan masjid-masjid di negara Islam di luar Indonesia.

Penjelasan

Hal ini terlihat dari bentuk atap yang bertingkat-tingkat lebih dari satu tingkat dan berbentuk limas secara tersusun dengan ukuran mulai dari atas kecil sampai besar pada tingkatan bawah.

Bentuk atap masjid. Bentuk atap masjid idak berbentuk kubah seperti Ottoman style, India style atau Syiro-Egyptian style. Namun berbentuk atap bersusun yang semakin ke atas semakin kecil dan yang paling atas biasanya semacam mahkota.

BACA JUGA  Aku adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai tempat menaruh sesajen, siapakah aku?

Bilangan atapnya selalu ganjil,kebanyakan berjumlah tiga atau lima. b. Tidak adanya menara.

Tidak adaanya menara pada arsitektur masjid di Jawa berkaiatan dengan digunakannya pemukulan bedug sebagai tanda masuk waktu sholat.

Dari masjid-masjid tua di Jawa, hanya masjid di Kudus dan Banten yang ada menaranya, dan menara kedua masjid tersebut memiliki bentuk yang berbeda.

Menara masjid Kudus berbentuk candi Jawa Timur (Majapahit) yang telah diubah, disesuaikan penggunaannya dan diberi atap tumpang.

Menara masjid Banten adalah bangunan tambahan pada zaman kemudian, menara tersebut dibangun oleh Cordell, seorang pelarian Belanda yang masuk Islam.

Bentuk menara masjid Banten adalah seperti mercusuar. c. Letak masjid. Masjid selalu terletak di dekat istana raja (atau adipati/bupati). Di belakang masjid sering terdapat makammakam.

BACA JUGA  Semboyan yang menjadikan bangsa eropa berlayar mencari rempah-rempah ke asia adalah

Sedangkan di depan istana selalu ada lapangan besar (alunalun) dengan pohon beringin kembar.

Letak masjid selalu ada di tepi barat istana. Rangkaian makam dan masjid ini pada dasarnya adalah kelanjutan dari fungsi candi pada zaman kerajaan Hindu-Nusantara.

Kesimpulan

Pertanyaan salah satu bukti peninggalan sejarah akulturasi budaya hindu dan islam terdapat pada kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan salah satu bukti peninggalan sejarah akulturasi budaya hindu dan islam terdapat pada yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan salah satu bukti peninggalan sejarah akulturasi budaya hindu dan islam terdapat pada melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

BACA JUGA  Kerajaan Samudra Pasai Menjadi Pusat Perdagangan Karena

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan salah satu bukti peninggalan sejarah akulturasi budaya hindu dan islam terdapat pada yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.