Jawaban Tugas BAB 7 STANDARD COSTING CASE (PT TIKU)

TUGAS BAB 7

STANDARD COSTING CASE


PT. TIKU adalah sebuah perusahaan yang menerapkan biaya standar dalam sistem biayanya. 

Berikut ini adalah standar biaya yang ditentukan untuk setiap input produksinya.


Saat ini, perusahaan sedang menguji coba sebuah sistem produksi yang baru. Proses produksi yang baru ini memerlukan tingkat ketrampilan tenaga kerja yang lebih tinggi. Selain itu, perusahaan juga sedang mencoba menggunakan bahan baku baru yang memiliki kualitas lebih tinggi. Penggunaan bahan baku yang baru ini tidak berpengaruh terhadap penggunaan tenaga kerja. Meskipun demikian, proses produksi yang baru ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan bahan baku sebesar 0,25 ons/unit. Kualitas produk akhir tidak terpengaruh oleh penggunaan proses produksi dan bahan baku yang baru ini.

BACA JUGA  Sebutkan kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit kentang

Diminta:

1. Hitunglah varians bahan baku! Asumsikan pengurangan bahan baku 0,25 ons bahan baku terjadi sesuai yang diharapkan sementara pengurangan lainnya disebabkan karena penggunaan bahan baku yang lebih berkualitas. Apakah Anda merekomendasikan penggunaan bahan baku yang baru tersebut?

2. Hitunglah varians tenaga kerja langsung! Asumsikan bahwa varians tenaga kerja dipengaruhi oleh sistem produksi yang baru. Apakah Anda merekomendasikan implementasi sistem produksi yang baru tersebut? Pertimbangkan pengaruh pengurangan bahan baku yang dihasilkan dari proses produksi yang baru.

3. Pengawas pabrik menyarankan agar sistem produksi yang baru tidak hanya dievaluasi dari hasil minggu pertama. Jika di minggu kedua Januari, proses produksi dilanjutkan denagn jam tenaga kerja langsung 2.200 jam dan biaya tenaga kerja Rp22.400.000,00. Apakah Anda akan merekomendasikan implementasi sistem produksi yang baru tersebut? Asumsikan bahwa varians berasal dari penerapan sistem produksi baru. Dengan asumsi produksi 4.000 unit, berapa banyak penghematan yang bisa dilakukan? Pertimbangkan pengaruh dari pengurangan bahan baku.

BACA JUGA  Budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah merupakan salah satu strategi pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia yaitu

TEKAN TOMBOL DOWNLOAD UNTUK MENDOWNLOAD JAWABAN SOAL DIATAS


DOWNLOAD 

Copyright © 2023 - PERIPAYER