Kain tapis berasal dari

Kain tapis berasal dari

Jawaban

Kain tapis berasal dari daerah lampung, kain Tapis adalah pakaian wanita suku Lampung berbentuk kain sarung yang dibuat dari tenunan benang kapas dengan motif-motif seperti motif alam, flora, dan fauna yang disulam (sistim cucuk) dengan benang emas dan benang perak.

Penjelasan

Lampung memiliki kain tenun khas dengan ragam motif dan warna. Tenun dari Lampung lebih dikenal dengan kain tapis yang saat ini masih dibuat dengan cara tradisional, tapi bernilai jual tinggi.

Kain tapis merupakan lembar tenun berbentuk sarung yang dipakai oleh wanita di Lampung.

Sarung ini terbuat dari tenunan benang kapas dengan berbagai motif dari benang perak atau benang emas dengan sistem sulam atau masyarakat menyebutnya cucuk.

Kain tapis merupakan salah satu upaya masyarakat Lampung dalam menyelaraskan kehidupan, termasuk hubungan dengan lingkungan maupun Sang Pencipta. Motif yang disulam pada tapis biasanya motif alam, flora dan fauna.

Beberapa kain tapis juga memiliki motif yang bertema kehidupan rumah tangga, contohnya tapis cucuk andak.

Sedangkan tapis pepadun, tapis peminggir, tapis lawa dan tapis ambung biasanya memiliki motif yang dipengaruhi daerah asalnya.

Sementara tapis peminggir (pesisir) lebih sering mengangkat tema flora dan tapis pepadun (pedalaman) cenderung sederhana dan kaku.

Menurut sejarah, kain tapis sudah ada sejak abad ke-2 Sebelum Masehi. Artinya budaya ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Kesimpulan

Pertanyaan kain tapis berasal dari kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan kain tapis berasal dari yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan kain tapis berasal dari melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan kain tapis berasal dari yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top