Cara Stem Gitar Dengan Aplikasi Paling Mudah Ditiru

Bagi para pemula yang baru saja belajar bermain gitar biasanya akan kesulitan dalam mengidentifikasi setiap nada yang dimiliki. Terutama jika belum distem pasti nadanya masih sangat kacau ketika dimainkan. Untuk itu berikut cara stem gitar dengan aplikasi yang bisa ditiru agar nada gitar yang dihasilkan lebih baik.

Aplikasi Pro Guitar Tuner

Pro Guitar Tuner merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan perubahan maupun penyetelan nada gitar yang cukup bagus untuk dipakai. Meski awalnya dikhususkan untuk para profesional tapi bukan berarti pemula tidak bisa mencoba, pemakaiannya pun juga cukup mudah. Jika masih penasaran, berikut cara stem gitar dengan aplikasi Pro Guitar Tuner:

1. Siapkan Peralatan

Peralatan di sini maksudnya gitar yang ingin distem serta smartphone yang sudah memiliki aplikasi Pro Guitar Tuner. Jika belum punya aplikasinya bisa langsung cari lewat Play Store lalu instal, kemudian secara otomatis akan langsung terpasang dengan sendirinya.

Perhatikan juga kondisi benang pada gitar yang dipakai, jangan sampai saat dilakukan stem tiba-tiba putus karena sudah rusak. Selain itu, kondisinya lebih baik masih dalam keadaan fals agar pemula bisa tahu patokan dari setiap nada yang sesuai.

2. Lakukan Penyetelan

Untuk cara stem dengan aplikasi ini perlu keahlian, pengguna kadang merasa kesulitan ketika memahami serta menyesuaikan nada pada gitar. Tapi untuk menyiasatinya bisa perhatikan lebih jelas lagi setiap senar serta nada dari ilustrasi yang diberikan.

Kemudian untuk melakukan stem bisa bandingkan bunyi setiap benang dari gitar dengan bunyi dari aplikasi Pro Guitar Tuner. Jika sesuai akan ada pemberitahuan Tune In sebagai tanda jika nada sudah selaras, jika belum pemberitahuannya Tune Up.

3. Cobalah Praktekan

Untuk menyesuaikan dengan gaya bermain gitar yang ingin dilakukan bisa coba praktekan secara langsung dengan teman yang sudah paham nada gitar. Sebab jika terjadi kesalahan nada biasanya orang lain akan langsung memberitahukannya serta memberikan solusi.

Aplikasi Guitar Tuna

Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Guitar Tuna juga salah satu rekomendasi lainnya untuk melakukan stem gitar bagi pemula. Untuk fitur juga hampir sama dengan Pro Guitar Tuner perbedaan yang paling jelas terdapat pada tampilan interface dan letak menu. Bagi yang ingin mengetahui cara pakainya, berikut ulasannya:

1. Siapkan Gitar dan Buka Aplikasi

Pertama bisa langsung siapkan gitar yang sebelumnya masih fals untuk dibenahi serta pakai smartphone yang sudah terpasang Guitar Tuna. Sebelum menerapkan cara stem gitar dengan aplikasi dari smartphone biasanya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada benang yang dipakai.

Tujuannya untuk menghindari kerusakan benang secara tiba-tiba misalnya putus, jika memang sudah sesuai bisa membuka aplikasi Guitar Tuna. Saat tampilan awal terbuka akan ada sebuah ilustrasi yang sama seperti saat melakukan stem hanya perlu memahaminya saja.

2. Sesuaikan Nada Gitar

Untuk melakukan stem pada gitar yang memiliki nada fals bisa pilih opsi Tuner yang terdapat di dalam aplikasi Guitar Tuna. Cara pakainya sangat mudah, hanya perlu bunyikan satu benang tanpa memakai kunci apapun yang penting dekatkan saja dengan smartphone.

Jika nadanya terlalu tinggi biasanya akan muncul pemberitahuan pesan Too High, begitu pun jika terlalu rendah pesannya Too Low. Indikasi keberhasilan nada yang dicapai setiap benang biasanya akan muncul tanda centang hijau saat dimainkan.

Dari berbagai cara stem gitar dengan aplikasi di atas, tentu akan mempermudah pemula saat melakukan penyetelan awal. Terutama bagi yang masih belum paham dengan setiap nada, sehingga penggunaan aplikasi Pro Guitar Tuner dan Guitartuna cukuplah membantu. Bagi yang belum memiliki kedua aplikasi tersebut bisa langsung mengunjungi Play Store.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top