Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali Hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali Hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap

Jawaban

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali Hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap daya tahan tubuh.

Penjelasan

Pola makan sehat berhubungan dengan makanan/minuman yang sudah ditentukan seperti syarat-syarat gizi, masa berlakunya, dan bahan-bahan pembuatannya.

Pengertian pola makan sehat adalah keteraturan makan makanan yang higienis dan bergizi dengan memperhatikan waktu dan bahan pembuatannya.

Pengertian makanan yang higienis adalah makanan yang memenuhi standar kesehatan dan bebas dari zat yang beracun serta kuman penyakit.

Fungsi makanan bagi tubuh kita yaitu untuk menghasilkan tenaga, pertumbuhan, mengganti sel-sel yang telah rusak, dan untuk menghangatkan tubuh atau oksidasi.

Karbohidrat adalah sumber tenaga dan pertumbuhan. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah makanan pokok, contoh makanan sumber karbohidrat adalah nasi, jagung, sagu, dan tiwul.

Protein adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh guna proses pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang telah rusak. Kandugan protein banyak terdapat di dalam lauk, misalnya daging, ikan, tahu, tempe, dan juga pada susu.

Fungsi lemak dalam tubuh yaitu dipakai sebagai cadangan makanan dan sumber panas. Jenis makanan yang banyak mengandung lemak yaitu banyak dihasilkan dari kacang-kacangan, keju, kelapa, dan daging.

BACA JUGA  Kekurangan maupun kelebihan zat gizi akan dapat menyebabkan kelainan-kelainan keadaan semacam ini disebut

Mineral perlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan tulang dan gigi untuk anak-anak. Kandungan mineral banyak terdapat di dalam makanan yang berkuah.

Vitamin diperlukan tubuh sebagai makanan tambahan. Fungsi vitamin adalah sebagai pemelihara kesehatan. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin yaitu banyak terdapat dalam buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, dan daging.

Kebutuhan vitamin akan meningkat secara bertahap sesuai dengan bertambahnya usia.

Kebutuhan akan vitamin yang tidak mencukupi akan menimbulkn kekurangan vitamin atau hipovitaminosis.

Tetapi jika vitamin yang diserap tubuh berlebihan akan menyebabkan keracunan atau hipervitaminosis.

Makanan bergizi adalah makanan yang apabila pola makan dalam kesehariannya yang dikonsumsi dapat memenuhi sajian atau menu nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu.

Nasi merupakaan salah satu sumber utama karbohidrat (hidrat arang). Selain pada nasi, karbohidrat bisa juga terdapat di sumber makanan yang lainnya misalnya pada jagung, gandum, kentang, ubi, singkong dan lain sebagainya

Lauk-pauk merupakan salah satu sumber protein yang diperlukan oleh tubuh kita. Sumber protein ada 2 macam yaitu protein hewani dan protein nabati.

Protein hewani yaitu protein yang sumbernya berasal dari hewan misalnya dari daging, telur, dan susu.

Sedangkan protein nabati yaitu protein yang sumbernya berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti dari kacang-kacangan.

BACA JUGA  Suatu keadaan yang disebabkan ketidakseimbangan antara jumlah zat gizi yang dikonsumsi dan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh disebut

Sayur-mayur adalah salah satu sumber mineral yang perlukan oleh tubuh kita. Mineral disebut juga garam-garam mineral.

Mineral/ garam-garam mineral terdiri dari zat kapur, fosfor, zat besi, garam yodium, garam flour, garam natrium, garam klor, dan juga garam kalium.

Jika kita mengonsumsi banyak sayuran yang banyak kandungan zat kapur, maka tubuh kita akan menjadi kuat.

Buah-buahan adalah salah satu sumber vitamin. Vitamin tidak bisa diproduksi dalam tubuh kita dalam jumlah yang cukup.

Vitamin bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi beraneka macam buah dan sayuran.

Vitamin A dapat berasal dari buah pisang, pepaya, wortel, dan tomat. Vitamin C dapat berasal dari buah jeruk, nanas, strawberry, dan lain – lain.

Dalam pola makan makanan bergizi, susu adalah sebagai pelengkapnya. Mengapa demikian? Sebab, susu adalah salah satu sumber vitamin, lemak, dan juga mineral.

Manusia hidup tidak saja memerlukan makanan, namun juga butuh minuman, dan cairan yang lainnya. Hal trsebut dapam upaya untuk memberikan keseimbangan dalam metabolisme tubuh manusia.

Sebagai contoh, misalnya air yang sangat perlukan di dalam kehidupan. Air akan memberikan keseimbangan dalam pola makan yang sehat, sebab air mempunyai banyak fungsi dalam tubuh kita.

Berikut adalah fungsi ait bagi tubuh yaitu untuk: a). membangun sel jaringan tubuh, b). membentuk cairan tubuh, c). melarutkan zat-zat di dalam tubuh, d). mengangkut zat-zat makanan dan sisa metabolisme tubuh, serta e). mengatur suhu dalam tubuh.

BACA JUGA  Perubahan keadaan gizi hingga mengalami gizi salah dapat berpengaruh pada kemampuan atau daya kerja seseorang Pengaruhnya antara lain, kecuali

Kesimpulan

Pertanyaan perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Copyright © 2023 - PERIPAYER