7 Aplikasi Edit Rekaman Suara Gratis di Smartphone

Di zaman serba praktis ini, setiap orang diberikan kemudahan dalam menciptakan suatu karya. Apalagi dibekali dengan teknologi yang sangat canggih. Kemudahan dalam membuat sebuah karya ini salah satunya adalah saat melakukan proses editing audio. Kemudahan itu dibuktikan dengan adanya aplikasi edit rekaman suara yang bisa diunduh melalui smartphone. Berikut aplikasi untuk melakukan edit rekaman suara gratis di smartphone:

1. Lexis Audio Editor

Mengedit rekaman suara di smartphone dapat dengan mudah dilakukan menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor. Aplikasi ini cukup mudah digunakan bagi pemula. Hal ini karena, tampilan antarmukanya yang simpel dan sederhana dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Dengan Lexis Audio Editor, pengguna dapat melakukan rekaman suara dan mengedit suara tersebut dengan fitur-fitur yang telah disediakan. Lexis Audio Editor dapat diunduh melalui iOS ataupun android.

2. WavePad

Aplikasi edit rekaman suara selanjutnya adalah WavePad. Tidak hanya dalam versi PC saja, tetapi WavePad juga tersedia untuk android, iOS, ataupun MacOS. Bagi pemula maka aplikasi ini termasuk yang mudah digunakan saja, karena tampilannya yang sederhana. WavePad memiliki fitur-fitur dasar seperti cut, copy and paste, delete, trim, dan lainnya. Pengguna juga bisa menambahkan efek-efek pada rekaman yang ingin dibuat.

3. Timbre

Aplikasi Timbre merupakan aplikasi untuk editing rekaman suara yang cukup populer, sebab mempunyai banyak sekali fitur serta kegunaannya. Penggunaannya pun cukup mudah saat melakukan proses editing.

Beberapa kegunaan dari aplikasi ini adalah untuk memotong audio, mengonversi file audio, menggabungkan suara, dan banyak fitur lainnya lagi. Hal yang paling penting adalah Timbre memastikan bahwa hasil dari kualitas suara tetap baik dan tidak pecah. Kekurangannya adalah tidak semua format audio kompatibel untuk dimasukkan pada aplikasi ini.

4. BandLab

Aplikasi edit rekaman suara gratis selanjutnya adalah BandLab yang sebelumnya banyak dikenal dengan nama PocketBand. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan rekaman secara langsung atau melakukan pengeditan pada audio yang sudah ada.

Terdapat berbagai efek-efek suara untuk meningkatkan kualitas suara yang ingin diedit. BandLab juga menawarkan fitur Mixing Audio dengan menambahkan bunyi dari beberapa instrumen musik, seperti efek gitar, bass, dan efek lainnya.

5. Super Sound

Super Sound adalah aplikasi editing audio dan musik yang sangat populer di android. Aplikasi ini memberikan fitur untuk melakukan pengeditan audio, pemotongan dan penggabungan. Selain itu, bisa juga mengganti suara, konversi format audio, dan fitur lainnya yang tidak kalah menarik.

Dengan fitur-fitur yang menarik tersebut, aplikasi ini mencapai 10 juta unduhan di Play Store dengan perolehan bintang 4,7. Namun jangan khawatir, aplikasi Super Sound ini bisa didownload secara gratis.

6. Audio Lab

Aplikasi ini mempunyai berbagai fungsi untuk pengeditan seperti memotong audio, konversi audio, audio mixing, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, aplikasi ini memiliki nilai tambah yaitu memiliki beberapa fitur kompleks yaitu Voice Remover, Voice Changer, DJ Filter dan Equalizer. Ditambah lagi dengan adanya fitur Text To Speech untuk mengubah teks menjadi suara. Walaupun fitur yang cukup lengkap tersebut, aplikasi ini tetap dapat diunduh gratis.

7. FL Studio Mobile

Jika ingin membuat musik tetapi tidak memiliki komputer dengan aplikasi khusus ataupun alat-alat besar di studio, maka aplikasi FL Studio Mobile merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi edit rekaman suara yang satu ini lebih memfokuskan pada editing untuk membuat musik dengan beberapa fitur musik seperti, drum kits, piano keyboard, sampler, dan lain sebagainya.

FL Studio Mobile juga menyediakan berbagai efek untuk meningkatkan kualitas rekaman, seperti chorus, filters, reverbs, dan efek-efek suara lainnya. Fitur-fitur yang tersedia cukup kompleks sehingga perlu waktu belajar bagi pemula. Jika terus menerus belajar,, maka akan menjadi terbiasa.

Itulah 7 aplikasi edit rekaman suara yang dapat diunduh secara gratis di smartphone. Beberapa referensi tersebut akan membantu dalam menemukan aplikasi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top