6 Aplikasi Mind Mapping Online Paling Mudah untuk Pemula

Saat mengikuti pelajaran atau presentasi pasti hal yang paling penting saat mendapatkan suatu ilmu adalah dengan mencatat inti materi. Agar materi lebih enak dibaca dan tidak membosankan ada salah satu cara mencatat yang menarik yakni dengan menggunakan mind mapping. Saat ini, terdapat banyak aplikasi mind mapping online yang dapat diakses dengan mudah.

Mengapa mind mapping dikatakan suatu teknik yang menarik dan mudah dipahami? Alasannya adalah karena teknik mind mapping menggunakan grafis sehingga hasil catatan akan lebih ringkas dan mudah dibaca. Berikut ini beberapa referensi aplikasi mind mapping online yang mudah untuk pemula:

1. Draw.io

Aplikasi mind mapping ini bernama Draw.io. Aplikasi ini membuat para pengguna dengan bebas berkreasi membuat mind mappingnya sendiri. Pengguna dapat menentukan bentuk, warna, teks, menyisipkan link atau gambar dan lain-lain. Pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini dapat langsung mengakses websitenya dan bisa langsung membuat mind mapping tanpa login terlebih dahulu.

2. MindMup

MindMup merupakan salah satu aplikasi mind mapping online yang memiliki toolbar terbilang sederhana. Aplikasi ini menyediakan link sederhana yang mengarahkan pengguna dalam pembuatan mind mapping yang menarik seperti merubah warna kotak, file yang disematkan pada mind mapping hingga detail tulisan.

Kemudahan yang diberikan aplikasi mind mapping ini karena pengguna tak perlu mencantumkan email untuk dapat masuk ke aplikasi. Pengguna pun dapat dengan bebas menggunakan fitur di dalam website ini. Namun, mind mapping yang telah pengguna buat akan terhapus secara otomatis dari sistem website.

3. MindMeister

Bagi sebuah tim yang ingin membuat ringkasan materi meeting dalam bentuk mind map, Mindmeister bisa menjadi solusi. Banyak yang menyebut bahwa Mindmeister merupakan aplikasi mind mapping terbaik yang memiliki fitur lengkap.

Fitur menarik dalam aplikasi ini adalah downvote, upvote, menambahkan anggota dalam mind mapping yang telah dibuat serta memberikan komentar dalam mind mapping. Aplikasi ini menyediakan fitur gratis dan premium yang memiliki kekurangan dan kelebihan pada kelengkapan fiturnya.

4. Mindly

Hampir sama seperti aplikasi mind mapping online lainnya, saat aplikasi terbuka pengguna akan diarahkan untuk mulai membuat konsep mind map sesuai dengan ide pengguna. Setelah konsep terbentuk, pengguna dapat mengubah warna, ikon serta menambahkan tulisan pada mind map yang telah dibuat. Pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi ini tanpa login email terlebih dahulu.

5. Novamind

Salah satu aplikasi mind mapping yang sangat fleksibel adalah Novamind. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat Windows, Android, iPad, Mac OS maupun dibuka secara online. Novamind tersedia dalam versi premium maupun gratis. Namun, pada versi gratis telah dilengkapi fitur desain map mapping yang cukup mumpuni.

Pengguna juga tak perlu bingung menggunakan aplikasi berbasis website ini karena pada awal tampilan, pengguna akan disuguhi tutorial interaktif yang membantu pemula belajar membuat map mapping dengan cepat. Demikian pula tata letak tools yang rapi sehingga mudah dipahami oleh para pengguna.

6. Simplemind

Sesuai dengan nama aplikasinya yakni Simplemind, penggunaan aplikasi mind mapping online sangat mudah digunakan terlebih untuk para pemula. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa pilihan layout seperti vertikal, horizontal dan bermacam-macam bentuk sehingga membuat para pengguna bebas berkreasi. Dalam aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menyisipkan video atau rekaman suara ke dalam rekaman mind mapnya.

Itulah 5 aplikasi map mapping online yang bisa digunakan oleh pemula. Selain praktis, aplikasi berbasis website di atas juga sangat praktis digunakan dimanapun. Membuat ringkasan materi untuk presentasi jadi lebih mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top