5 Alasan Kenapa Ruang Penyimpanan Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Smartphone yang memiliki ruang penyimpanan penuh merupakan hal yang tidak menyenangkan. Pasalnya, pengguna harus rajin menghapus file-file dan aplikasi yang tak berguna yang ada dalam smartphonenya agar kinerja smartphone tak terhambat. Meskipun beberapa file sudah dihapus, kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa ruang penyimpanan penuh, salah satunya karena banyaknya file sampah dalam smartphone. Dalam artikel ini akan dijelaskan alasan lengkap kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit beserta solusinya:

1. Adanya Tumpukan File Sampah / Cache

Penggunaan aplikasi dan segala aktivitas penjelajahan dalam smartphone sering kali meninggalkan bekas berupa data dan file cadangan yang mampu menimbun dalam memori jika tak segera dibersihkan. Cache dan file cadangan ini memiliki ukuran yang berbeda-beda dan bisa menumpuk beberapa kali lipat. Bisa dibayangkan bukan berapa total file-file sampah yang memenuhi memori? Demikian pula berkas thumbnail yang biasanya letaknya tersembunyi.

BACA JUGA  5 Aplikasi Spam Chat Whatsapp di Smartphone

Agar dapat menghapus file thumbnail, pengguna harus menghidupkan fitur “show hidden files”. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah rajin menghapus data-data tersebut di setiap aplikasi yang ada dalam file explorer.

2. Adanya Aplikasi Berukuran Besar

Alasan kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit kedua adalah karena memang adanya file aplikasi terinstal yang berukuran besar. File yang terinstal dalam smartphone beserta data-datanya tentu akan membuat smartphone terlebih yang berukuran terbatas semakin sesak.

Hasilnya akan membuat kerja smartphone menjadi lambat dan terkadang kesulitan membuka aplikasi tertentu. Solusinya, pilih aplikasi yang sama namun dalam versi lite yang biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan versi aslinya.

3. Terlalu Banyak Foto dan Video Dalam Smartphone

Bagi pengguna yang memiliki hobi dalam fotografi, videografi atau bahkan berswafoto, lazimnya memiliki perangkat yang penuh dengan foto dan video. Tak bisa dipungkiri yang namanya hobi kadang harus dituruti. Namun, jika hobi tersebut dijalankan hasilnya ada terlalu banyak foto atau video yang tersimpan dalam smartphone akan membuat penyimpanannya sesak.

BACA JUGA  Inilah Top 5 Aplikasi untuk Menambahkan Followers Instagram

Foto dan video yang diambil menggunakan kamera beresolusi tinggi biasanya berukuran sangat besar. Belum lagi foto dan video kiriman dari sosial media seperti Whatsapp, Facebook dan aplikasi lainnya. Solusinya adalah pindahkan foto dan video yang masih ingin disimpan dalam flashdisk, hardisk atau laptop untuk membuat ruang penyimpanan menjadi lebih longgar.

4. Memiliki Banyak Aplikasi Bawaan

Adanya aplikasi dan sistem bawaan pada smartphone menjadi salah satu alasan kenapa penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit. Hal ini dikarenakan aplikasi bawaan pada smartphone memakan sebagian ruangan yang kosong dalam smartphone. Ukuran aplikasi ini juga dapat bertambah ketika pengguna melakukan update aplikasi.

Ada 2 jenis aplikasi bawaan yakni sistem bawaan seperti Google Play dan bloatware yang diberikan dari pihak pengembang aplikasi. Terkadang aplikasi bawaan dalam smartphone juga tidak terlalu dibutuhkan pengguna bahkan sama sekali tak terpakai. Solusi agar aplikasi tak bertumpuk dalam sistem penyimpanan adalah hapus aplikasi tersebut dengan menggunakan aplikasi seperti CCleaner atau melalui App Manager dalam smartphone.

BACA JUGA  7 Aplikasi Edit Rekaman Suara Gratis di Smartphone

5. Tertinggalnya Data Dari Aplikasi yang Sudah Dihapus

Ketika aplikasi dihapus dari smartphone, sebenarnya ada sejumlah data yang masih tertinggal di ruang penyimpanan. Data tersebut meliputi file pengaturan, konten dan gambar tertentu. Jika tidak dikelola dengan sebaik-baiknya, beberapa data yang tertinggal tersebut akan menumpuk dalam memori.

Terlebih file yang tertinggal tersebut tidak mudah terdeteksi. Solusinya adalah cek pada file explorer pada folder aplikasi yang sudah di hapus, jika masih ada beberapa data segera hapus agar tidak menumpuk dalam memori.

Demikian 5 alasan kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit dan dapat diterapkan untuk mengelola ponsel. Agar penyimpanan ponsel tidak terlalu sesak, sangat disarankan untuk mengecek dan menghapus file yang tidak berguna di dalam sistem.