Merumuskan Tujuan Pembelajaran

merumuskan tujuan pembelajaran

Jawaban

Merumuskan tujuan pembelajaran merupakan target atau suasana kondsi yang akan dilakukan dan diperoleh peserta didik pada saat proses dan setelah selesai proses pembelajaran

Penjelasan

Terdapat 4 (empat) unsur pokok yang perlu dicantumkan dalam perumusan tujuan pembelajaran, yang biasa disingkat dengan ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree).

Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, yang dimaksud audience adalah siswa. Meski secara bahasa audience artinya pendengar, tetapi audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran.

Dengan demikian, perumusan tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai pusat (subjek sekaligus objek) dalam pembelajaran.

Behavior berarti tingkah laku / aktivitas suatu proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Maka, tidak mungkin pembelajaran dilakukan tanpa adanya tingkah laku atau aktivitas dari siswa.

BACA JUGA  Bagaimana proses penyusunan teks proklamasi kemerdekaan

Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior (aktivitas siswa) ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), seperti: memahami, mendemonstrasikan, menelaah, menerapkan dan lain-lain.

Penggunaan KKO dalam satu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu. Artinya dalam sebuah aktivitas pembelajaran, siswa melakukan satu perbuatan. Dengan demikian, siswa lebih fokus pada satu perbuatan tersebut sehingga pembelajaran lebih optimal.

Condition berarti suatu keadaan. Dalam konteks KBM, condition adalah keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar hasil yang diharapkan bisa tercapai.

Perumusan condition adalah dengan menjawab pertanyaan, “aktivitas apa yang dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa tercapai? Condition ditulis dalam bentuk kata kerja. (untuk lebih jelasnya bisa dilihat di contoh bawah).

BACA JUGA  Farah Ingin Menyuguhkan Kopi Untuk Ayahnya, Karena Kopinya Habis, Maka Ia Memberikan Teh Kepada Ayahnya. Kopi dan Teh Merupakan Barang

Degree berarti suatu perbandingan. Dalam konteks KBM, degree berarti membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar.

Tingkat degree berbeda-beda bergantung pada bobot materi yang akan dipelajari, serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu perubahan tingkah laku.

Kesimpulan

Pertanyaan merumuskan tujuan pembelajaran kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan merumuskan tujuan pembelajaran yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan merumuskan tujuan pembelajaran melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan merumuskan tujuan pembelajaran yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

BACA JUGA  Sebutkan langkah-langkah membuat poster
Copyright © 2023 - PERIPAYER