Gizi Kurang yang Timbul pada Masa Kanak-kanak, Selain akan Menyebabkan Gangguan Pertumbuhan Jasmani, juga akan Menyebabkan Gangguan

Gizi Kurang yang Timbul pada Masa Kanak-kanak Selain akan Menyebabkan Gangguan Pertumbuhan Jasmani juga akan Menyebabkan Gangguan

Jawaban

gizi kurang yang timbul pada masa kanak-kanak, selain akan menyebabkan gangguan pertumbuhan jasmani, juga akan menyebabkan gangguan perkembangan mental, karena gizi juga mempengaruhi otak dan jiwa anak sehingga perlu untuk mendapat gizi yang cukup.

Penjelasan

Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur, sebagai hasil dari proses pematangan dengan adanya proses pembuatan dari sel-sel tubuh.

Termasuk jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing.

Dan semua tersebut dapat memenuhi fungsinya yang terdiri dari perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.

Perkembangan merupakan proses yang terjadi pada setiap makhluk. Manusia, terutama pada masa kanak-kanak atau disebut juga anak prasekolah, pada masa ini anak mengalami proses tumbuh kembang secara cepat.

Pertumbuhan yang terjadi pada seseorang tidak hanya meliputi yang terlihat seperti perubahan fisik, tetapi juga perubahan dan perkembangan dalam segi lain seperti berfikir,berperasaan, dan bertingkah laku.

Perkembangan yang dialami anak merupakan perubahan yang teratur dari tahap perkembangan ke tahap perkembangan berikutnya yang berlaku secara umum, misalnya mampu merangkak, melompat,berlari, dan masih banyak yang lainnya

Masa prasekolah kebutuhan asupan gizi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

Asupan gizi dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan energi, energi merupakan salah satu hasil metabolisme dari protein, lemak, dan karbohidrat yang ada dimakanan.

Anak prasekolah yang kekurangan asupan gizi maka terjadi kehilangan energi dalam jangka lama akan menyebabkan gizi kurang, pada masa ini, anak mulai di perkenalkan dengan lingkungan luar selain lingkungan dalam rumah, sehingga anak mulai senang bermain di luar rumah.

Anak mulai berteman bahkan anak menghabiskan waktunya bermain di luar rumah,seperti bermain di taman atau ke tempat-tempat yang menyediakan fasilitas bermain anak dan pada masa ini pula, anak di persiapkan untuk sekolah.

BACA JUGA  Kebijakan yang dapat membuka dan memperluas pasar bagi produk dalam negeri di luar negeri serta dapat menghasilkan kontrak pembelian produk dalam negeri oleh negara lain disebut

Oleh karenanya panca indera dan sistem reseptor penerima rangsangan serta proses memori harus sudah siap sehingga anak mampu belajar dengan baik.

Proses belajar yang tepat bagi usia ini adalah dengan cara bermain. Perubahan yang terjadi pada anak dilihat berbagai aspek, antara lain aspek motorik, emosi ,kognitif, dan psikososial (bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungannya).

Setiap anak pernah melakukan suatu gerakan, pada saat lahir pun anak sudah mulai bergerak, gerakan yang di lakukan oleh tubuh manusia itu di sebut gerakan motorik.

Anak prasekolah lebih menyukai 2 hal yang baru yaitu, suka makan sesuai dengan waktu makan keluarga dan mereka menyukai kesederhanaan dalam makanan.

Misalnya potongan sayuran yang dapat dipegang dengan jarinya atau kuah sup yang dapat diminum dengan cangkir.

Semakin bervariasi bahan makanan yang dikonsumsi, maka anak makin mudah terpenuhi kebutuhan gizinya.

Masa balita hingga masa prasekolah merupakan masa yang penting bagi anak.

Pada masa ini, terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang cepat sehingga membutuhkan dukungan dari segi kesehatan,pendidikan , serta lingkungan anak.

Salah satu sisi kesehatan yang perlu dilihat adalah kecukupan gizi pada anak.

Anak prasekolah merupakan usia yang rentan terhadap segala macam penyakit maka sangat perlu di perhatikan akan kebutuhan gizinya,karena mereka dalam masa pertumbuhan.

Kekurangan akan kebutuhan gizi pada masa anak-anak selain akan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan jasmaninya juga akan menyebabkan gangguan perkembangan mental anak.

Oleh karena itu, perlu diusahakan untuk meningkatkan dan mempertahankan status gizi anak agar tetap berada pada status gizi yang baik.

Gizi (nutrition) merupakan suatu proses organisme menggunakan makanan yang di konsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpsi, transportasi, penyimpanan ,metabolisme.

BACA JUGA  Berikut ini yang merupakan strategi pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dasar rakyat dalam bidang pendidikan adalah

Serta pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan, untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.

Gizi berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak khusunya di Indonesia terutama pada masa perkembangan anak prasekolah.

Kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi setiap hari menentukan status gizi anak.

Status gizi yang baik mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang baik, sebaliknya status gizi yang buruk memudahkan timbulnya penyakit.

Oleh karena itu makan bukan hanya kebutuhan fisik utama semata namun juga diperlukan sebagai faktor penunjang pertumbuhan dan perkembangan, sedangkan pertumbuhan itu langkah awal bagi perkembangan.

Masalah gizi menimbulkan masalah pembangunan di masa yang akan datang.

Keterlambatan dalam memberikan pelayanan gizi akan berakibat terjadi gizi kurang dan perkembangan pada anak juga terhambat, karena itulah maka usaha peningkatan gizi terutama harus ditunjukkan pada anak-anak.

Anak-anak masa kini adalah calon pemimpin, cendikiawan dan pekerja di masa yang akan datang, mereka adalah harapan nusa dan bangsa.

Maka dari itu asupan gizi bagi anak khusus nya anak usia pra sekolah harus terpenuhi secara baik agar anak tidak mengalami gizi kurang dan anak mampu untuk berkreatifitas dengan baik sehingga anak dapat berguna dimasa yang akan datang.

Masalah gizi anak secara garis besar merupakan dampak dari ketidak seimbangan antara asupan dan keluaran zat gizi (nutritional imbalance), sehingga anak banyak yang terkena gizi kurang.

Masalah gizi di Negara berkembang seperti Indonesia, terbagi menjadi 3, gizi lebih, gizi kurang, dan gizi baik. Gizi di masyarakat di tentukan oleh makanan yang dimakan, hal tersebut di pengaruhi oleh ketersediaan pangan di masyarakat, serta keluarga yang mempengaruhi status gizi yaitu pelayanan kesehatan, kemiskinan, pendidikan, sosial budaya dan gaya hidup.

BACA JUGA  Cara Masyarakat Asia Tenggara Mengembangkan Potensi Budaya Menjadi Modal Pembangunan Melalui

Akibat dari ketidakdisplinan pemenuhan gizipada anak yang tidak tepat akan menurunkan nilai kreatifitas dan nilai potensi mereka sebagai sumber daya pembangunan masyarakat dan ekonomi nasional.

Anak-anak memerlukan penggarapan sedini mungkin apabila kita menginginkan peningkatan potensial mereka untuk pembangunan bangsa di masa depan.

Kebutuhan gizi seimbang atau gizi baik yang tercukupi akan tumbuh generasi sehat dan cerdas serta produktif belum terjangkau masyarakat luas.

Salah satu faktor langsung yang mempengaruhi status gizi anak prasekolah adalah asupan makanan.

Seorang anak yang sehat dan normal akan tumbuh sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya dengan asupan makanan yang cukup.

Kekurangan gizi pada anak akan menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Gizi kurang pada anak akan menghambat pertumbuhan serta perkembangan.

Kurangnya tenaga dan protein (zat pembangun) perlu ditingkatkan dan di perhatikan dalam memberikan menu makanan seimbang untuk anak pra sekolah.

Kesimpulan

Pertanyaan gizi kurang yang timbul pada masa kanak-kanak selain akan menyebabkan gangguan pertumbuhan jasmani juga akan menyebabkan gangguan kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan gizi kurang yang timbul pada masa kanak-kanak selain akan menyebabkan gangguan pertumbuhan jasmani juga akan menyebabkan gangguan yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan gizi kurang yang timbul pada masa kanak-kanak selain akan menyebabkan gangguan pertumbuhan jasmani juga akan menyebabkan gangguan melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan gizi kurang yang timbul pada masa kanak-kanak selain akan menyebabkan gangguan pertumbuhan jasmani juga akan menyebabkan gangguan yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.