Fungsi dan Cara Kerja Wifi Repeater

Wifi Repeater ialah alat yang mampu menerima sinyal atau data jaringan yang selanjutnya dipancarkan kembali dengan frekuensi yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Intinya alat ini memancarkan kembali sinyal wifi yang masuk ke wifi repeater. Lalu Sebenarnya apa fungsi dan bagaimana cara kerja wifi repeater ini ?

Fungsi Wifi Repeater

Terbayang bukan fungsi wifi repeater dan cara kerja wifi repeater saat mendengar namanya? Ya benda ini dapat mengirim ulang sinyal wifi. Fungsinya untuk memperluas sinyal wifi agar tersebar lebih luas di area tertentu serta agar bisa menembus zona mati wifi.

Sebagai contoh, di sebuah rumah terdiri empat lantai dan beberapa ruangan. Pada umumnya sinyal wifi dengan satu router tidak akan sampai ke empat lantai sekaligus. Biasanya jika wifi disimpan di lantai satu hanya akan menjangkau hingga lantai dua saja.

BACA JUGA  Cara Melihat Pesan Wa yang Ditarik Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi Tambahan

Jika harus berlangganan wifi lagi tentunya akan sangat mengorek kantong. Sebagai solusi untuk hal itu, bisa menggunakan wifi repeater. Wifi repeater mampu mengcover router center untuk memberikan sinyal wifi di dua lantai lainnya yang tidak tersentuh sinyal dari wifi center.

Selain itu cara kerjanya wifi repeater tidak hanya mampu memperluas sinyal saja, tetapi mampu memperkuat sinyal juga. Jadi sinyal yang berasal dari wifi repeater tidak kalah dari wifi center.

Dengan kemampuannya, banyak perusahaan dan kampus memasang wifi repeater, tujuannya untuk menghemat biaya berlangganan wifi. Karena hanya perlu satu kali beli saja jika menginginkan alat ini.

Cara Kerja Wifi Repeater

Secara ringkas cara kerja wifi repeater adalah menerima sinyal wifi atau data di transmitter lalu sinyal itu akan diteruskan ke dua perangkat di wifi repeater yakni client dan access point. Kedua alat tersebut akan meningkatkan sinyal atau data yang masuk untuk kemudian akan dipancarkan kembali menjadi sinyal wifi yang lebih luas dan kuat.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki File Rar yang Rusak di Android Secara Online

Sinyal yang dipancarkan tadi merupakan frekuensi yang beda dengan sinyal yang masuk. Oleh sebab itu frekuensi baru ini memiliki kemampuan menembus zona mati wifi seperti sudut ruangan, tembok, peralatan listrik dan bahan bangunan yang tidak bisa menembus wifi.

Prinsip penerimaan data di wifi repeater sendiri ada dua prinsip secara analog dan digital. Prinsip pengiriman analog ialah dengan mengirimkan data menggunakan amplitudo. Semakin besar amplitudo yang dikirimkan akan semakin membutuhkan daya listrik Sedangkan pengiriman digital dalam bentuk binary 0-1.

Cara kerja wifi repeater akan lebih maksimal jika wifi repeater disimpan diantara wifi center atau router dengan lokasi sinyal mulai lemah.

Posisi ini proporsional karena wifi repeater akan mendapat sinyal wifi yang baik serta memancarkan frekuensi baru tepat ke lokasi yang lemah sinyalnya. Perhatikan ketinggiannya saat menginstalasi alat. Wifi repeater membutuhkan lokasi tinggi, agar sinyal yang dikeluarkan oleh wifi repeater lebih baik dan lebih luas.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Soundcard USB di Android

Sekarang ini di pasaran sangat banyak wifi repeater dengan harga variatif. Sebelum membeli wifi repeater sebaiknya mengecek beberapa hal berikut seperti harganya, kecepatannya dan kelengkapannya apa harus beli kabel tambahan atau tidak. Cek juga lokasi yang akan dipasang wifi repeater agar semakin tepat memilih.

Itulah tadi informasi tentang fungsi dan cara kerja wifi repeater, alat yang bisa dipasang di rumah. Pastikan wifi repeater benar-benar dibutuhkan sebelum ingin menggunakannya dan jangan lupa cari tahu kualitas dan spesifikasi wifi repeater sebelum membeli. Selamat mencoba di rumah.