Cara Memperbaiki Wifi Indihome Lemot

Memasang wifi indihome tentu tujuannya agar bisa mengakses internet dengan lebih mudah. Namun bagaimana jadinya jika wifi yang kita pasang sering mengalami gangguan atau lemot sehingga tidak bisa digunakan?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mendalanginya mulai dari adanya perbaikan dari pusat, jumlah pengguna yang terlalu banyak hingga masalah pada modem wifi yang dipakai. Tapi tidak perlu risau karena ada beberapa cara memperbaiki wifi indihome lemot yang bisa dilakukan sendiri. Berikut ini caranya :

1. Restart Modem Wifi

Jika wifi indihome dirasa lemot atau terhubung tapi tidak bisa digunakan untuk mengakses internet maka cara paling mudah adalah dengan merestart modem wifi. Karena modem wifi bisa jadi eror karena sering digunakan.

Cara merestartnya cukup cabut langsung kabel wifi dari saklarnya tunggu sekitar 5 menit kemudian nyalakan kembali. Cara memperbaiki wifi indihome yang satu ini paling mudah dan paling banyak dipraktikkan oleh pengguna.

2. Mengubah Posisi Router Wifi

Penempatan router wifi juga berpengaruh pada kekuatan sinyal. Posisi yang terlalu tinggi, rendah atau berada di sebelah perangkat elektronik lain juga bisa membuat sinyal wifi indihome lemot.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Wifi Iphone 6, Cepat dan Mudah

Selain itu penempatan router wifi yang terhalang tembok juga bisa menghambat kecepatan sinyal wifi. Untuk baiknya letakkan wifi tidak jauh dari lokasi pengguna wifi dan tidak terhalang oleh apapun.

3. Menghapus Cache

Cache yang menumpuk pada browser bisa memberikan beban lebih kerja internet terutama pada browser yang sedang digunakan. Jika pengguna wifi merasa wifi yang dipakai lemot maka bisa jadi cache-nya sudah menumpuk, oleh karena itu untuk mengatasi wifi yang terasa lemot bersihkan cache pada browser.

4. Membatasi Pengguna Wifi

Wifi yang lemot juga disebabkan oleh penggunanya yang terlalu banyak melebihi batas. Karena semakin banyak pengguna maka sinyal wifi yang diterima masing-masing pengguna juga semakin lemah. Oleh karena itu cara memperbaiki wifi indihome yang lemot karena kebanyakan pengguna sebaiknya kurangi pengguna.

BACA JUGA  Aplikasi Mengembalikan File yang Terhapus pada Android dan PC

Kalau dirasa ada orang lain yang ikut numpang wifi, maka sebaiknya ganti sandi wifi secara berkala untuk mengurangi pengguna wifi yang tidak diketahui.

5. Membagi SSID Router Wifi

Pada penggunaan wifi indihome terdapat FUP atau batasan mengenai jumlah penggunaan wajar. Jika pemakaian wifi sudah melebihi batas penggunaan maka wifi bisa menjadi lemot.

Cara memperbaiki wifi indihome lemot bisa juga dengan memecah SSID router wifi. Cara ini digunakan untuk membagi jaringan namun masih dalam satu router saja, tujuannya agar internet tetap stabil.

6. Mengupgrade Paket Kecepatan

Cara lain yang bisa dipakai adalah dengan menaikkan kecepatan wifi indihome. Jika biasanya berlangganan paket dengan kekuatan wifi 10 Mbps maka upgrade menjadi 50 Mbps agar sinyal menjadi lebih kuat dan tidak lagi mengalami lemot. Cara ini sudah dipastikan ampuh untuk dilakukan.

BACA JUGA  Aplikasi Perekam Layar Tanpa Watermark Gratis dan Tidak Harus Premium

Dengan menaikkan kecepatan wifi maka pengguna akan mendapatkan FUP yang lebih besar juga, sehingga akan terhindar dari sinyal wifi lemot.

7. Memakai Wifi Repeater

Kegunaan alat ini adalah untuk memperkuat penyebaran sinyal wifi. Memakai wifi repeater memungkinkan untuk sinyal wifi mampu menjangkau dan memperkuat sinyal sehingga sinyal wifi dapat terdistribusi dengan rata. Jika dirasa memiliki rumah dengan jangkauan yang luas maka bisa menggunakan alat ini agar wifi tidak lemot.

Kendala wifi indihome lemot memang bukan hal asing lagi. Cara memperbaiki wifi indihome lemot yang dilakukan diatas bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kendala lemot yang dirasakan.

Namun jika hal itu tetap tidak bisa diatasi dengan cara yang sudah disebutkan maka sebaiknya laporkan kendala ke CS indihome melalui Web ataupun aplikasi my indihome.

Copyright © 2023 - PERIPAYER