5 Cara Menguatkan Sinyal WiFi Di HP!

Penasaran, cara menguatkan sinyal wifi di hp? Maklum saja, keterbatasan internet membuat orang lebih memilih memanfaatkan Wi-Fi daripada kuota. Apabila pengguna WiFi banyak justru berpengaruh pada tingkat kecepatan aksesnya.

Sebab itulah, pengguna wajib tahu cara meningkatkan sinyal Wi-Fi yang diserap pada ponsel agar bisa kuat. Adapun cara menguatkan sinyal wifi di hp adalah sebagai berikut :

1. Akses aplikasi sebagai penguat sinyal

Trik cepat nan mudah dalam meningkatkan sinyal Wifi di HP adalah mendownload aplikasi penguat sinyal. Caranya dengan mengunduhnya di layanan pengunduhan seperti Playstore dan App Store.

Salah satu aplikasinya adalah WiFi Signal Booster, sebuah aplikasi penguat sinyal Wifi yang mana cara kerjanya mengetahui sistem dan background, berfungsi meningkatkan kecepatan koneksi di internet melalui jaringan.

Fungsi kedua adalah dapat menjangkau jaringan yang lebih luas dari nirkabel yang dimiliki, biasanya disebut dengan layanan Extender.

2. Pastikan Casing HP Tidak Memperburuk Sinyal

Sebelumnya, bisa dideteksi dahulu permasalahan sinyalnya lemah, karena bisa jadi karena satu hal ini yaitu casing HP. Ditemukan sering terjadi masalah sinyal buruk baik oleh jaringan WiFi maupun pakai kuota biasa disebabkan casing HP yang digunakan. Nah, untuk memperbaikinya bisa dipastikan dahulu, apakah casing HP sebagai kendalanya atau tidak.

Cara memeriksa permasalahannya bisa dilihat melalui tes kecepatan uji coba. Hal yang pertama kali dilakukan adalah mencoba membuka casing HP yang digunakan. Kedua cek apakah terjadi perubahan antara sebelum dan sesudah dibuka casing.

Perubahan yang terjadi adalah pada saat casing HP dibuka tadi sinyal akan lebih baik daripada sebelumnya. Maka jika begitu, lepas saja casing HP nya.

3. Perbarui Radio atau Firmware

Cara menguatkan sinyal wifi di hp yang ketiga adalah memperbarui firmware. Pemeriksaan masalah jaringan selanjutnya bisa diketahui dari firmware yang sudah tertinggal zaman. Maka pastikan dahulu firmare yang ada sudah terupdate dan bukan menjadi kendala memperkuat sinyal.

Firmware merupakan perangkat lunak yang menjalankan banyak proses di ROM. Cara memperbarui firmware lawas adalah dengan buka menu Settings, lalu pilih di fitur About Phone, selanjutnya tekan Software Update. Maka firmare tadi sudah siap untuk dijalankan dan sinyal buruk segera teratasi.

4. Ubah Frekuensi Menjadi 5 GHz

Pastikan lagi bahwa frekuensi tidak kurang dari 5 GHz. Hp versi kuno hanya mencapai pada frekuensi 2,4 GHz yang mana sudah dikatakan cukup kuat menangkap sinyal dan jaringan nirkabel luas. Meskipun begitu, karena banyaknya orang yang yang menggunakan menyebabkan terjadinya gangguan.

Frekuensi 5 GHz memiliki memori lebih banyak sehingga mampu menepis adanya tumpang tindih. Cara mengubah frekuensi adalah klik Settings lalu WiFi, dan pilih lagi pengaturan lanjutan, dan terakhir rentang frekuensi WiFi.

5. Jauhkan dari Perangkat Elektronik Lainnya

Sudah diketahui, bahwa perangkat elektronik yang ada di dekat router WiFi bisa memancing untuk tidak bisa diperkuatnya sinyal. Maka yang bisa dilakukan adalah menghindarkan barang elektronik dari WiFi routernya.

Selain perangkat elektronik tersebut, pengguna wifi yang sama dengan yang digunakan juga memancing kondisi sinyal buruk. Maka bisa dilakukan dengan menjauhinya. Selain itu juga sinyal bisa terhalang oleh benda atau dinding penghalang.

Maka bisa dipastikan juga bahwa pengguna menempatkan posisi yang aman dan sinyal Wifi di HP bisa optimal dan stabil.

Lima hal tentang cara menguatkan sinyal wifi di hp telah dipaparkan. Pengguna bisa memilih salah satu cara tadi dengan memperhatikan karakteristik dan gejala masalah yang mungkin terjadi, agar dalam menyelesaikannya bisa dengan cara yang benar dan aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top