Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi? Ini Solusinya

Saat menonton tv apakah kamu pernah mengalami gangguan seperti tampilan gambar yang runyam?atau bahkan hanya menampilkan seperti semut yang berkumpul? hal tersebut bisa disebabkan oleh booster teman-teman yang rusak.

Kejadian ini tentu sangat menganggu waktu santai saat sedang menikmati siaran tv yang sedang berlangsung. Hal ini dikarenakan tidak terkonekasinya antara antena dengan tv yang dipengaruhi oleh booster.

Daripada harus membeli yang baru lebih baik kamu coba untuk memperbaiki dan mencari kerusakan yang ada. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa booster tv tidak berfungsi? nah tenang saja pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial cara memperbaiki booster tv yang tidak berfungsi.

Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi?

Sebelum melanjutkan kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan booster tv. Booster tv adalah sebuah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal yang diterima sehingga tampilan gambar yang dihasilkan akan lebih jernih.

Ada tiga hal yang dapat menyebabkan booster tv tidak berfungsi menurut pengalaman saya. Ketiga permasalahan ini bisa diselesaikan namun akan sedikit merepotkan tapi kita tidak perlu mengeluarkan uang apabila melakukannya.

Kerusakan Pada Saklar

Ciri yang bisa kamu lihat jika booster mengalami pada power yaitu lampu indikator tidak menyala, akibatnya tampilan gambar pada tv akan runyam keseluruhan. Biasanya saklar berada didalam box booster, silahkan kalian buka dulu boosternya menggunakan obeng.

Apabila saklar terlihat bagus tidak pernah terkena air dan terbentur bisa saja disebabkan oleh yang lainnya, namun untuk mengecek hal tersebut saya menggunakan alat pengukur, lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

Untuk mengecek apakah saklar masih berfungsi atau tidak silahkan arahkan jarum pengukur ke saklar, bila tegangan naik berarti saklar masih berfungsi dengan baik. Nah jika tidak naik seperti milik saya berarti kamu harus menganti saklarnya, itulah alasan kenapa booster tv tidak menyala.

Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi

Lampu Indikator Menyala Tapi Booster Tv Tidak Berfungsi

Jika sebelumnya kita membahas lampu indikator yang mati karena kerusakan saklar, ternyata ada juga yang mengalami lampu indikator menyala namun gambar yang dihasilnya tidak bagus sesuai yang diharapkan.

Alasan kenapa booster tv tidak berfungsi jika mengalami hal ini, kemungkinan besar disebabkan oleh kabel dari antena yang tersambung dengan booster putus atau terkoneksi tapi tidak sempurna, untuk mengatasi silahkan cek kabel putus atau tida.

Jia kabel yang digunakan tidak putus kemungkinan lain adalah kabel yang kamu gunakan memiliki kualitas yang buruk. Untuk mengetahui kualitas yang baik bisa mengetau melalui artikel saya sebelumnya yang membahas kabel antena tv yang bagus

Kenapa Booster TV Tidak Berfungsi

Lampu Indikator Menyala Namun Gambar Tidak Jelas

Permasalahan yang sering terjadi lainnya yaitu lampu indikator menyala namun gambar tidak jelas, hal ini biasanya disebabkan oleh antena penerima sinyal yang tidak bisa menerima sinyal dengan baik, coba arahkan antena ke pemancar lalu lihat hasilnya.

Hal tersebut kemungkinan terjadi apabila kamu telah mengecek secara keseluruhan mulai dari kabel, booster serta lainnya dan tidak memiliki masalah apapun. Jadi kemungkinan besar adalah antena kamu tidak bagus.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai alasan kenapa booster tv tidak berfungsi, jika semuanya tidak ada masalah coba perhatikan lebih jeli lagi. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top