Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif dengan Mudah

Kita semua tentu saja sering menyanyikan sebuah lagu untuk menghibur diri sendiri karena dapat menenangkan pikirian. Terkadang untuk menyanyikan lagu akan terasa lebih seru apabila menggunakan mic, nah pada kesempatan ini saya akan membagikan cara menyambungkan mic ke speaker aktif.

Dengan cara menghubungkan mic ke speaker suara yang dihasilkan akan lebih besar  dan halus. Tidak hanya itu, teman-teman juga dapat menambahkan musik untuk menyanyikan lagu karoke saat sedang bernyanyi apabila menggunakan speaker aktif.

Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Speaker aktif banyak digunakan untuk berbagai kegiatan, sebagai contoh yaitu digunakan saat upacara bendera dan saat sedang hajatan. Oleh sebab itu tidak sedikit orang mencari cara memasang mic pada speaker aktif.

Terdapat dua jenis mic yang akan saya bahas, pertama mic wireles dan kedua mic menggunakan kabel. Setiap jenis mic memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bisa disesuakan dengan kebutuhan.

Kelebihan mic bluetooth yaitu dapat dengan mudah tersambung tanpa harus mengatur kabel-kabel yang biasanya memiliki ukuran yang cukup panjang, namun kekurangannya tidak bisa menggunakan dengan kejauhan yang sudah ditentukan karena sinyal bluetooth akan terputus.

Kelebihan dari mic kabel yaitu kebalikan dari mic bluetooth yang mana bisa digunakan sejauh mungkin dengan catatan menggunakan kabel yang cukup panjang, namun kamu akan merasakan betapa ribetnya mengatur kabel yang panjang tersebut.

Cara Menyambungkan Mic Bluetooth Ke Speaker Aktif

Pertama saya akan memberikan tutorial cara memasang mic wireless ke speaker aktif menggunakan bluetooth. Dalam menggunakan cara ini pastikan mic yang kamu gunakan sudah memiliki sistem bluetooth.

Selain mic wireless teman-teman juga harus memiliki kabel AUX 2 In 1, nah disini saya menggunakan mic bluetooth WS858 yang bisa digunakan untuk karoke. Jika semuanya sudah siap kita langsung saja masuk ke tutorialnya

    1. Pertama masukan colokan audio jack ke mic teman-teman, lebih jelasnya seperti dibawah ini

 Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

  1. Selanjutnya masukan audio jack berwarna merah dan putih ke speaker aktif teman-teman, sesuaikan antara putih dengan putih dan merah dengan merah
  2. Masukan power adapter mic ke stop kontak, namun jika sudah menggunakan baterai tidak perlu
  3. Setelah itu sambungkan bluetooth mic ke handphone teman-teman
  4. Selesai

Dengan cara menyambungkan mic bluetooth ke speaker aktif kamu bisa memutar lagu di handphone yang suaranya akan keluar melalui speaker tersebut, lalu musik itu dapat digabungkan dengan suara kamu. Jadi cara ini sangat cocok untuk teman-teman tang suka karoke.

Namun jika kamu menggunakan speaker yang sudah satu paket dengan mic bluetooth biasanya pada saat menyalakan sudah langsung tersambung antara mic dengan speaker, misalnya seperti mic berikut ini.

 Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Selanjut kita akan mencoba cara menyambungkan mic ke speaker aktif menggunakan kabel. Biasanya menggunakan kabel tidak akan ada delay suara, maksudnya tidak ada keterlambatan suara yang dihasilkan oleh speaker saat kamu bicara.

Disini kita membutuhkan seuah kabel XLR kalu tidak salah untuk menghubungkan mic ke speaker kita. Apabila belum memiliki bisa membelinya melalui toko online atau offline, tidak perlu banyak bicara langsung saja ke tutorialnya.

  1. Nyalakan speaker aktif dan beri baterai pada mic
  2. Peratama masukan lubang xlr ke mic bagian bawah
  3. Lalu masukan audio jack yang tersambung dengan xlr ke speakernya
  4. Terdapat dua lubang yang bisa kamu gunakan
  5. Sesuaikan saja
  6. Selesai

 Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Supaya kamu paham silahkan lihat gambar diatas, jika sudah tercolok otomatis mic sudah dapat digunakan dan untuk mengatur suara bisa langsung mengaturnya di bagian speaker.

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara menyambungkan mic ke speaker aktif, semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top