Cara Mengecek Turnitin Gratis

Kali ini kita akan bahas tentang cara mengecek turnitin secara gratis, Sebelumnya apasih itu turnitin, Turnitin adalah salah satu website penyedia layanan pemeriksaan plagiasi (duplikasi) pada suatu konten tulisan. Jadi, Turnitin berfokus pada pengecekan plagiasi suatu dokumen. Jasa lolos turnitin online akan mengutamakan screening konten tulisan dan redaksi sesuai teks asli dengan proses yang cepat dan mudah.

Karena penggunaan Turnitin yang semakin meluas terutama di bidang pendidikan, maka banyak orang yang mencari jasa pengecekan turnitin.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sebagian besar universitas mewajibkan seluruh hasil karya tulis ilimiah yang dibuat oleh mahasiswa harus melewati proses pengecekan plagiasi turnitin atau software cek plagiasi sejenis lainnya.

Maksud dibuatnya Turnitin maupun software pengecekan plagiasi lainnya adalah agar mencegah terjadinya penjiplakan suatu karya ilmiah yang sudah dibuat oleh orang lain baik itu disengaja maupun yang tidak disengaja.

Cara Cek Turninitin Online

Bagi kalian yang ingin mencari jasa cek plagiasi di Turnitin, kalian berada di website yang tepat. Karena mimin akan bagikan fitur dari website ini agar kalian bisa langsung mengakses Turnitin.

Jangan lupa untuk persiapkan terlebih dahulu file dokumen yang memiliki format .doc atau .docx. Melalui Turnitin inilah kalian juga bisa langsung mengupload karya tulis ilmiah mulai dari bab 1 pendahuluan sampai bagian penutup dan kesimpulan.

Adapun langkah-langkah yang perlu kalian ikuti seperti di bawah ini:

  • Pertama, buka website turnitin.com, lalu klik Login, pilih lagi Create Account, dan klik Student.
  • Masukkan Class ID yang kamu dapatkan dari pengumuman akademik sesuai dengan program studi kalian.
  • Kalian wajib masukkan Enrollment Password yang kalian peroleh dari pengumuman akademik program studi kalian.
  • Masukkan nama depan dan nama belakang kalian. Jika kalian tidak memiliki nama belakang, bisa disamakan dengan nama depan saja.
  • Masukkan email yang kalian gunakan beserta passwordnya.
  • Terakhir klik Agree.

Cara Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin

Setelah kalian berhasil membuat akun di Turnitin menggunakan email dan password, kalian sudah bisa langsung mengecek plagiasi karya tulis ilmiah yang telah kalian buat sebelumnya.

Cara untuk mengecek plagiasi menggunakan Turnitin sebagai berikut :

  • Pilih Classname lalu Submit. Masukkan Submission Title dengan format Judul Skripsi – Nama Mahasiswa. 
  • Lalu klik Choose from this Computer dan cari file dokumen karya tulis ilmiah yang sudah kalian simpan kemudian klik Open. Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai.
  • Biasanya proses pengecekan membutuhkan waktu yang lama kurang lebih 1 jam. Untuk melihat hasil pengecekan plagiasi bisa kalian lihat di kolom Similarity (%).

Untuk detail kalimat yang disangka plagiat oleh Turnitin, kalian klik lagi hasil persentasenya. Jika persentasenya lebih dari 25% maka kalian harus memperbaiki ulang di kalimat tersebut agar tidak dianggap plagiat.

Jika sudah selesai memperbaiki kalimat yang disangka plagiat oleh Turnitin, jangan lupa untuk mengupload ulang file karya tulis ilmiah kalian dengan cara klik menu Submit Revision.

Sekian pembahasan dari mimin terkait dengan cara mengecek Turnitin Online dengan mudah dan gratis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top