Sebutkan Keunggulan Koperasi dibandingkan dengan Badan Usaha Lainnya

Sebutkan Keunggulan Koperasi dibandingkan dengan Badan Usaha Lainnya

Jawaban

Keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya yaitu (1) sukarela dan terbuka. (2) dari dan untuk anggota (demokrasi kooperatif). (3) bertujuan untuk menyejahterakan.

(4) mengusung asas persamaan. (5) mengutamakan persatuan. (6) demokrasi ekonomi. (7) membina dan mendidik anggota. (8) hubungan dan kerja sama.

Penjelasan

Sukarela dan terbuka, yaitu koperasi anggota yang bergabung atas dasar sukarela, dengan harapan orang yang ingin menjadi anggota koperasi bergabung atas keinginannya sendiri, tanpa adanya paksaan siapapun.

Sebuah koperasi juga terbuka pada siapapun yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota.

Keanggotaan koperasi bersifat bebas, sehingga orang bisa masuk dan keluar setelah sebuah periode usai.

Dengan demikian, keanggotaan maupun pemodalan koperasi tidak bersifat permanen.

Jika pada badan usaha lain sistem pengelolaan cenderung tertutup, tidak demikian dengan koperasi.

Pengelolaan lebih terbuka, sehingga tiap anggota dapat dengan mudah mengetahui seperti apa dana mereka dikelola.

Penanggung jawab sebuah koperasi adalah pengurus, maka setiap pengurus dituntut untuk menjaga agar koperasi tetap transparan.

Dari dan untuk anggota (demokrasi kooperatif), yaitu modal yang digunakan adalah simpanan wajib dan sukarela anggota.

Nantinya, anggota juga yang akan dapat menikmati produk usaha dan hasil dari pengembangan usaha.

Besar simpanan pokok yang dibayarkan hanya satu kali di awal pun tidak berat.

Simpanan wajib biasanya ditetapkan tanpa memberatkan anggota. Sementara simpanan sukarela disetorkan dengan jumlah yang tak ditentukan.

Bertujuan untuk menyejahterakan, koperasi berbeda dengan banyak jenis usaha lain yang memang didirikan untuk mencari untung, koperasi didirikan untuk menyejahterakan anggotanya.

Oleh sebab itu, dalam usaha apapun, koperasi tak memberikan beban administrasi tinggi.

Koperasi juga membuka pintu lebar-lebar untuk anggota yang membutuhkan pinjaman modal usaha.

Layanan yang dimiliki antara satu koperasi dengan koperasi yang lainnya tentu berbeda.

Jika Anda sering berbelanja kebutuhan pribadi dan rumah tangga, maka jadilah anggota koperasi konsumsi.

Jika Anda memiliki usaha produksi suatu barang, jadilah anggota koperasi produksi.

Jika butuh uang mendesak, jangan pergi ke rentenir. Anda bisa memanfaatkan layanan pada koperasi simpan pinjam.

Mengusung asas persamaan, setiap anggota punya hak dan kewajiban yang sama. Jika pada Perseroan Terbatas ada perbedaan hak dan kewajiban antara karyawan dan pemilik PT, maka tidak dengan koperasi.

Baik ketua koperasi maupun anggota biasa punya hak suara yang sama. Semua anggota membayar simpanan wajib yang jumlahnya sama pula.

Mengutamakan persatuan, badan usaha koperasi mengutamakan kerukunan dan persatuan antar anggota. Siapapun bisa diterima menjadi anggota, terlepas dari apakah jenis kelamin, agama, maupun sukunya.

Terdapat peraturan yang jelas untuk mencegah saling iri antar anggota. Dengan demikian, persatuan akan tetap terjaga.

Demokrasi ekonomi, yaitu dalam koperasi dikenal istilah imbalan jasa. Imbalan jasa ini ditentukan dari banyaknya jasa masing-masing anggota dalam koperasi.

Dengan demikian, tidak terjadi ketimpangan. Dalam koperasi, semua laporan keuangan dapat diakses anggota.

Sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi. Transparansi adalah kunci dalam demokrasi ekonomi.

Membina dan mendidik anggota, dalam kegiatan koperasi tak hanya seputar jual beli saja, sebuah koperasi mengadakan beragam pelatihan yang dapat diikuti anggota.

Program koperasi sendiri memang untuk menyejahterakan anggota, membuatnya mandiri secara finansial. Pengaturan uang pun juga diajarkan, agar tak bersikap boros.

Hubungan dan kerja sama, karena tak perlu bersaing antara satu koperasi dan koperasi lainnya, biasanya yang terjadi justru kerja sama yang kuat antar koperasi.

Misalnya pada koperasi produksi dan koperasi konsumsi. Koperasi produksi fokus pada pengembangan dan pemberdayaan anggota untuk memproduksi suatu barang. Koperasi produksi fokus untuk penjualan.

Kesimpulan

Pertanyaan sebutkan keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan sebutkan keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan sebutkan keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan sebutkan keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top