Manakah Gerakan Awalan yang Tepat Ketika Akan Melakukan Gerakan Lompat Jauh

Manakah Gerakan Awalan yang Tepat Ketika Akan Melakukan Gerakan Lompat Jauh

Jawaban

Manakah gerakan awalan yang tepat ketika akan melakukan gerakan lompat jauh yaitu teknik awalan yang dilakukan dengan cara lari cepat/sprint pada lintasan dengan jarak 40-45 meter.

Penjelasan

Teknki awalan dimulai dengan lari dengan kecepatan tinggi tanpa mengubah langkah sampai di papan tumpuan atau papan tolakan. Awalan bertujuan untuk mendapatkan kecepatan maksimal untuk daya dorong secara horizontal.

Baru kemudian disusul dengan teknik tolakan, teknik melayang, dan terakhir teknik mendarat.

Teknik tolakan merupakan upaya pelompat untuk melakukan tolakan pada papan tumpuan setelah melakukan awalan.

Tolakan dilakukan dengan menggunakan kaki yang terkuat, cepat, dan tepat pada papan tolakan sehingga terjadi perubahan kecepatan dari kecepatan horizondal yang dihasilkan pada saat lari awalan ke kecepatan vertikal pada saat melakukan tolakan.

Teknik melayang dimulai dari pada saat kaki tumpu melakukan tolakan, caranya dengan mengayunkan kaki ayun atau kaki belakang diayunkan sekuat-kuatnya ke atas.

Selanjutnya melakukan gerakan melangkah di udara dengan melangkahkan kaki yang sebelumnya digunakan untuk menolak atau menumpu hingga membuat gerakan berjalan di udara.

Teknik mendarat pada dasarnya adalah gerakan dan sikap badan dan kaki agar dapat mendarat pada bak pasir dengan selamat tanpa mengalami cidera.

Cara mendarat dengan meluruskan kedua kaki dan tangan bersama-sama ke depan, badan dicondongkan ke depan, dan pada saat tumit menyentuh pasir secara cepat kedua lutut ditekuk /ngeper.

Kesimpulan

Pertanyaan manakah gerakan awalan yang tepat ketika akan melakukan gerakan lompat jauh kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan manakah gerakan awalan yang tepat ketika akan melakukan gerakan lompat jauh yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan manakah gerakan awalan yang tepat ketika akan melakukan gerakan lompat jauh melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan manakah gerakan awalan yang tepat ketika akan melakukan gerakan lompat jauh yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top