Istilah Kata Bhinneka Tunggal Ika Terdapat pada Kitab

istilah kata bhinneka tunggal ika terdapat pada kitab

Jawaban

Istilah kata bhinneka tunggal ika terdapat pada kitab Sotasoma karya Mpu Tantular, yang ditulis menggunakan Bahasa Jawa Kuno dengan aksara Bali. Kakawin Sotasoma istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Budha.

Penjelasan

Kutipan frasa “Bhinneka Tunggal Ika” terdapat dalam petikan pupuh bait 5 pada Kakawin Sutasoma. Bila diterjemahkan tiap kata, bhinneka artinya beraneka ragam, kata tunggal berarti satu dan ika berarti itu.

Bila mengacu berdasarkan arti secara harafiah, Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti beraneka ragam itu satu.

Secara etimologi atau asal-usul bahasa, kata-kata ”Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno. Jika diartikan secara harfiah: Bhinneka = beragam atau bermacam-macam, Tunggal = satu, Ika = itu.

Kesimpulannya, Bhinneka Tunggal Ika secara harfiah memiliki arti ‘beraneka satu itu’. Maknanya, bisa dikatakan bahwa beraneka ragam, tetapi masih satu jua.

BACA JUGA  Jelaskan perbedaan antara meteoroid meteor dan meteorit

Semoboyan ini diambil dari kitab atau kakawin Sutasoma karangan Empu Tantular, yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14 M.

Melalui semboyan ini, Indonesia bisa dipersatukan dan semua keberagaman tersebut menjadi satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini menggambarkan persatuan dan kesatuan yang terjadi di wilayah Indonesia, dengan keberagaman penduduk Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku, bahasa daerah, ras, agama, dan kepercayaan, tidak membuat Indonesia menjadi terpecah. Atas segala macam perbedaan inilah kemudian Bhinneka Tunggal Ika dibentuk.

Adapun beberapa fungsi dari Bhinneka Tunggal Ika dalam berbangsa maupun bermasyarakat, yaitu : (1) Menciptakan dan menjaga kesatuan Republik Indonesia. (2) Membangun kehidupan nasional yang toleran.

BACA JUGA  Berikut ini yang Bukan Merupakan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Pernapasan adalah

(3) Sebagai rambu-rambu peraturan dan kebijakan negara. (4) Membantu mewujudkan cita-cita leluhur bangsa. (5) Membentengi perdamaian Indonesia.

Itulah mengapa, Bhinneka Tunggal Ika patut dijadikan sebagai landasan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di dalam bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi selanjutnya yang bisa menikmati kemerdekaan dengan mudah, harus bersungguh-sungguh untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Sesuai dengan artinya, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu, hal tersebut sangat menggambarkan keadaan Indonesia.

Di mana Indonesia memiliki banyak pulau yang terpisah, memiliki warga yang berbeda-beda dalam kepercayaan, ras, suku dan bahasa, tetapi tetap satu Indonesia.

Kesimpulan

Pertanyaan istilah kata bhinneka tunggal ika terdapat pada kitab kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

BACA JUGA  Kata wawasan secara etimologi berasal dari kata wawas, yakni bahasa

Karena, jawaban pertanyaan istilah kata bhinneka tunggal ika terdapat pada kitab yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan istilah kata bhinneka tunggal ika terdapat pada kitab melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan istilah kata bhinneka tunggal ika terdapat pada kitab yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.