Cara Masyarakat Asia Tenggara Mengembangkan Potensi Budaya Menjadi Modal Pembangunan Melalui

Cara Masyarakat Asia Tenggara Mengembangkan Potensi Budaya Menjadi Modal Pembangunan Melalui

Jawaban

Cara masyarakat asia tenggara mengembangkan potensi budaya menjadi modal pembangunan melalui promosi wisata kekayaan budaya daerah di forum pertemuan ASEAN.

Penjelasan

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan salah satu bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang akan membuka peluang juga tantangan bagi masyarakat Indonesia.

Indonesia dan beberapa negara ASEAN telah menyepakati perjanjian sebagai bentuk kerjasama melalui Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC).

Era globalisasi ditandai dengan adanya MEA menuntut tersedianya sumberdaya manusia yang mampu menjawab tantangan zaman dan mampu bersaing.

Dalam menghadapi MEA Indonesia mengantisifasi melalui optimalisasi pengembangan sumber daya alam yang akan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat nasional maupun regional.

Memanfaatkan lahan yang ada dengan kondisi iklim yang mendukung dengan berbagai tanaman yang dibutuhkan masyarakat, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat menjadi kekuatan untuk menghadapi serangan produk luar masuk.

Mekanisme pasar domestik akan mampu menghidupkan dan memperkuat kondisi ekonomi dalam negeri.

Kultur dan budaya yang konsumtif merupakan anugrah yang perlu disyukuri karena kebutuhan untuk meningkatkan daya beli akan timbul dan merupakan dorongan alami dari masyarakat dan menjadi kekuatan pasar domestik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaanperusahaan Indonesia harus mempersiapkan diri dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Baik di sektor ekonomi dan sumberdaya manusia, maupun sektor-sektor lainnya.

Gelombang globalisasi dan persaingan bisnis makin seru seiring makin cepatnya aliran investasi dan kemudahan bertransaksi menembus batas-batas waktu dan negara.

Masyarakat Indonesia sudah harus menghadapi kancah pertarungan yang makin “ganas”, melalui MEA, persaingan tak hanya antar perusahaan, UKM tapi juga antar negara.

Terlepas dari itu semua, salah satu faktor penentu agar mampu bersaing dalam perekonomian global adalah peningkatan efisiensi dan peningkatan kemampuan berkompetisi serta kemampuan memproduksi produk-produk unggul berbasis budaya lokal.

Pengembangan budaya adalah suatu proses meningkatkan atau mempertahankan kebiasaan yang ada pada masyarakat dalam kajian pengembangan masyarakat yang menggambarkan bagaimana budaya dan masyarakat itu berubah dari waktu ke waktu yang banyak ditunjukkan sebagai pengaruh global.

Pengembangan budaya dikembangkan secara luas melalui kepentingan transnasional.

Segala bentuk kesenangan ikut terlibat dalam upaya pengembangan budaya ini.

Untuk menghadapi globalisasi budaya, sangat sulit bagi masyarakat untuk melestarikan budaya lokal mereka sendiri yang menjadi keunikan wilayahnya.

Tetapi globalisasi budaya ini merupakan komponen penting dalam pengembangan masyarakat wilayahnya sendiri.

Kesimpulan

Pertanyaan cara masyarakat asia tenggara mengembangkan potensi budaya menjadi modal pembangunan melalui kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan cara masyarakat asia tenggara mengembangkan potensi budaya menjadi modal pembangunan melalui yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan cara masyarakat asia tenggara mengembangkan potensi budaya menjadi modal pembangunan melalui melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan cara masyarakat asia tenggara mengembangkan potensi budaya menjadi modal pembangunan melalui yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top