Ini Dia 7 Cara Menguatkan Sinyal Wifi di Laptop

Beragam tempat kini telah menyediakan layanan wifi bagi pengunjungnya. Karena banyaknya yang memakai wifi untuk mengakses internet, hal ini menyebabkan sinyal yang akan didapat masing-masing perangkat juga semakin lemah.

Bagi pengguna laptop yang sedang menggunakan wifi pasti butuh sinyal kuat untuk dapat mengakses internet agar tetap stabil. Ini dia cara menguatkan sinyal wifi di laptop :

1. Memilih Spot yang Dekat

Jika ingin memperoleh sinyal yang baik maka sebaiknya berada dalam radius dekat dengan sumber sinyal. Tujuannya supaya sinyal yang ditangkap oleh laptop semakin besar, sehingga jika sedang berada di lokasi yang menyediakan wifi dan dirasa kualitasnya lemah pada laptop dapat diatasi dengan mudah yaitu cukup mencari spot dalam radius jangkauan wifi agar mendapat sinyal wifi yang lebih kuat.

2. Menyingkirkan Barang yang Berpotensi Mengganggu Sinyal

Terdapat peralatan elektronik yang berpotensi menghambat sinyal yang ditangkap oleh laptop. Sebab alat tersebut bisa mengeluarkan sinyal yang frekuensinya serupa dengan wifi, misalnya saja microwave. Oleh karena itu cara menguatkan sinyal wifi di laptop bisa dengan menyingkirkan peralatan elektronik tersebut dari sekitaran laptop.

3. Mengubah Pengaturan QoS

Kecepatan wifi yang lambat pada laptop dapat disebabkan oleh pemakaian bandwith maksimum untuk di beberapa koneksi. Mengoptimalkan qos bisa membantu untuk melancarkan koneksi wifi untuk keperluan tertentu misalnya untuk bermain game online, streaming dll. Cara ini bisa dipakai agar wifi bisa lebih terfokus pada penggunaan tertentu.

4. Mengarahkan Sinyal Melalui Pemanfaatan Kaleng

Demi memperoleh sinyal yang bagus untuk laptop ada cara mudah yang dapat dilakukan yaitu memanfaatkan kaleng. Tujuannya agar sinyal wifi yang merambat di udara dapat mengarah pada satu lokasi saja.

BACA JUGA  7 Aplikasi Adzan Terbaik Ini Bikin Sholat Selalu Tepat Waktu

Cara ini cukup mudah dan bisa dibuat sendiri yaitu memanfaatkan kaleng bekas atau bahan yang bisa menghantarkan listrik seperti alumunium foil. Cukup potong kaleng bekas minuman dan buat menjadi lempengan lalu letakkan diantara antena router.

5. Menambahkan Wifi Adapter Eksternal

Apabila langkah di atas belum mampu menjadikan sinyal wifi pada PC/ laptop lebih kuat, maka alternatif yang dapat dipakai yaitu mengupgrade wifi card yang terdapat pada laptop. Sebab perkembangan wifi yang pesat maka boleh jadi wifi card yang terdapat pada laptop sudah tidak mendukung. Kalau sudah begitu, beli laptop baru adalah solusi.

Tapi terdapat cara menguatkan sinyal wifi di laptop tanpa harus membeli laptop baru yaitu dengan memakai adapter wifi yang bisa ditemukan banyak di e-commerce.

6. Memakai Wifi Repeater

Pemakaian wifi repeater tujuannya supaya dapat menyebarkan sinyal wifi lebih luas. Alat tersebut bisa menangkap sinyal wifi lalu melepaskannya kembali dan menyebarkannya.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Berikut Aplikasi Pembuat Stiker WA Terbaik

Cara menguatkan sinyal wifi di laptop ketika berada di lokasi yang susah sinyal atau terhalang dengan tembok maka dapat memakai alat ini agar sinyal yang disebarkan bisa lebih luas.

7. Memakai Kanal Wifi yang Kosong

Kanal wifi ibaratnya bagai sebuah ruangan yang ramai, maka akan susah untuk mendengar dengan jelas satu suara. Oleh karena itu jika dirasa kualitas wifi lemah bisa jadi disebabkan kanal wifi yang dipakai sedang ramai. Untuk itu dapat disiasati dengan mengganti kanal wifi yang sepi.

Sinyal yang lemah pada laptop dapat diselesaikan dengan memakai cara yang di sebutkan di atas. Cara menguatkan sinyal wifi di laptop ini tidak perlu ribet dan sangat mudah untuk dilakukan sendiri terutama jika terdapat banyak pengguna wifi pada saat bersamaan.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto IG Kekinian Ini Bisa Ubah Foto Biasa Menjadi Luar Biasa

Terkadang hanya butuh cara sederhana seperti mengganti posisi duduk untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Copyright © 2023 - PERIPAYER