Fungsi dan Cara Kerja Router Wifi

Dalam dunia sambungan internet pasti sering ditemukan istilah router, aslinya router mempunyai arti perangkat jaringan yang dapat menghimpun jaringan lain. Utamanya menjadi penghubung lebih dari satu jaringan yang diteruskan datanya pada berbagai jaringan yang tersedia.

Untuk lebih memahami, berikut penjelasan fungsi dan cara kerja router wifi yang diketahui :

Fungsi Jaringan Router

Perangkat keras router dipakai untuk menggabungkan jaringan dalam sambungan internet nyatanya mempunyai fungsi-fungsi yang lainnya. Perangkat ini membantu memenuhi kebutuhan harian yaitu jaringan internet. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa fungsi yang bisa dilakukan dari jaringan router wifi :

1. Penyambung Jaringan Lain

Dalam router mempunyai cara kerja routing yang dijalankan oleh kabel routing. Fungsinya untuk mengantarkan paket (sambungan internet) secara benar menuju host network yang berbeda.

Sambungan internet apabila yang diterima host network bisa sesuai dengan data, maka router akan melanjutkannya pada network tersebut. Akan tetapi sebaliknya jika tidak sesuai dengan apa yang diterima kabel routing, tidak bisa meneruskan paket menuju network tersebut.

BACA JUGA  Aplikasi Mengecilkan Ukuran Pdf Tercepat dan Aman

Analogi ini sering disamakan seperti pengiriman kurir barang. Seorang kurir harus mempunyai alamat yang jelas untuk bisa mengantarkan barang menuju titik lokasi yang sesuai. Jaringan komputer juga melakukan hal itu, memerlukan alamat yang jelas untuk mengantarkan informasi terbatasnya secara lebih mudah.

Untuk itu selalu pastikan dalam tiap perangkat ini mempunyai nomor yang spesifik. Ditujukan agar paket dapat sesuai alamat, dengan begitu secara garis besar menggambarkan cara kerja router wifi. Meskipun menangani paket dalam jumlah lebih dari 1 jaringan, ini mampu diatasi secara cepat bahkan saat mengirimnya secara sekaligus.

2. Penghubung Jaringan Menggunakan DSL

Ada beberapa orang yang masih kebingungan tentang cara kerja router dan modem yang sama-sama menjadi jaringan pembantu sambungan internet.

Ada perbedaan yang terjadi antara keduanya yang nyatanya sangat signifikan, pada router sudah lebih canggih karena bisa tersambung ke pengguna menggunakan wireless. Berbeda dengan modem yang masih menggunakan jaringan kabel LAN.

BACA JUGA  Kode Redeem Super Sus Mei 2022 Terbaru Unlimited Money

Sementara, router menggunakan jaringan DSL. Jaringan DSL atau Digital Subscriber Line merupakan jaringan yang lebih efisien dibandingkan dengan pemakaian modem. Dengan begitu perangkat router mampu melakukan banyak transfer data melalui berbagai perangkat yang saling terkait dari lokasi satu ke lokasi berbeda.

Mungkin sering kali melihat dalam satu perangkat router dapat terisi lebih dari satu jaringan wifi yang bisa dipakai. Disini juga dapat lebih efisien dalam pemakaian jaringan sambungan internet.

3. Menganalisis Paket Data Tercepat

Pada proses analisis data yang digunakan router, alat tersebut akan dengan otomatis menyeleksi sambungan yang dapat masuk dalam jalur yang paling tertinggi dibandingkan pada jaringan lainnya. Kemudian kabel routing akan mentransmisikan hal yang dibutuhkan pengguna.

Cara Kerja Jaringan Router Menurut Bagian-Bagiannya

Pada pembahasan diatasnya, telah diketahui router mempunyai beberapa bagian yang bekerja untuk melakukan fungsi–fungsi tersebut. Berikut bagian pada jaringan router dan cara kerjanya :

1. Hub

Cara kerjanya sebagai penerima sinyal jaringan dan menyebarkannya ke pengguna, dalam bentuk alamat IP. Membagi bandwidth ini pada setiap pemakai yang terhimpun dengan router.

BACA JUGA  Bebas Berbicara dengan Aplikasi Clubhouse Android

Ini jika sambungan tidak terlalu banyak maka bandwidth sangat instan disebarkan cepat ke pengguna. Router bisa dikaitkan dengan lemot data karena banyaknya bandwidth yang harus dibagikan.

2. Repeater

Ini untuk memperlebar jangkauan wifi, sehingga nantinya para pengguna dapat tetap menikmati jaringan wifi. Namun disini setiap router mempunyai jangkauan terbatas dan bisa diperlebar melalui kesepakatan antara pengguna dan pemberi jasa.

3. NIC (Network Interface Controller)

Ini merupakan perangkat keras bagian dalam sistem router yang difungsikan menerima paket yang dikirim dari pengguna. Untuk diteruskan ke kabel dan nanti pada hasilnya dapat dipahami oleh komputer.

Sekian penjelasan dari beberapa fungsi dan cara kerja router wifi sebagai penambah wawasan sekaligus dapat menjadi pengetahuan. Dengan informasi ini diharapkan router yang sering disamakan dengan pemakaian modem ini bisa diketahui lagi perbedaan mendasarnya. Semoga bermanfaat.