Cara Pasang Wifi Sendiri di Rumah dengan Harga Ekonomis

Saat ini kebutuhan quota setiap anggota keluarga cenderung membludak. Solusi untuk menghemat quota namun tetap nyaman mengakses apa pun bisa dengan wifi. Lalu apakah ada cara pasang wifi sendiri di rumah dengan harga ekonomis ?

Memasang wifi zaman sekarang merupakan sesuatu yang lumrah. Banyak kantor, rumah, cafe bahkan tempat umum yang menyediakan wifi untuk digunakan.

Namun pemilihan wifi yang kurang tepat bisa berakibat kantong tipis, nah dibawah ini ada cara pasang wifi sendiri di rumah paling efektif tanpa minus penggunaan atau kebobolan bayar tagihan. Langsung cek :

1. Gunakan Hotspot Tethering dari Handphone

Jika kebutuhan penggunaan internet tidak terlalu lama dan tidak terlalu banyak bisa memilih hotspot tethering sebagai alternatif wifi.

Hotspot tethering adalah cara pasang wifi sendiri di rumah termurah dan termudah yang bisa dilakukan, karena tidak perlu membeli apapun lagi asal memiliki handphone android atau iPhone. Namun dalam menggunakan hotspot tethering disarankan memilih paket quota unlimited agar tidak kebobolan.

2. Dengan Menggunakan Modem WiFi atau MiFi

Saat pertama kali diluncurkan di pasaran, produk ini banyak diburu oleh masyarakat karena paket data yang ditawarkannya lebih murah dari paket data telepon seluler biasa dan juga mudah dibawa kemana-mana serta bisa digunakan untuk beberapa telepon seluler hingga laptop.

BACA JUGA  Ewallet Bar Shopee Generator Gratis Saldo Shopeepay 2022

Meski kini MiFi tidak sepopuler saat diluncurkan karena produk paket data seluler juga turun harga, tapi kecepatan koneksinya masih bisa diandalkan dan jauh lebih baik daripada hotspot tethering.

Selain itu menggunakan MiFi lebih nyaman daripada hotspot tethering yang bisa saja suatu saat handphone akan digunakan. Sebelum memutuskan membeli MiFi alangkah baiknya mengetahui cara memilih MiFi agar awet dipakai :

  • Cari MiFi yang memiliki jaringan luas tidak hanya di perkotaan tapi bisa digunakan juga di desa.
  • Pilih harga MiFi dan paketan internet yang murah.
  • Cek kecepatannya, pilihlah yang tinggi.
  • Pilih baterai yang tahan lama.

3. Menggunakan Router USB

Jika sekarang yang dimiliki justru ada modem tidak usah buru-buru untuk memasukkannya dalam lemari karena modem lama bisa diubah jadi wifi jika dihubungkan dengan router.

BACA JUGA  Belajar Mixing? Inilah 5 Aplikasi Edit Suara PC yang Cocok untuk Pemula

Keunggulan lainnya router menerima modem dengan provider apa pun dan kecepatannya yang lebih cepat. Namun kekurangannya router memiliki harga yang lebih mahal daripada MiFi.

4. Menggunakan Provider WiFi

Cara pasang wifi sendiri di rumah yang paling tepat sebenarnya adalah dengan menggunakan provider Wifi. Terkesan mahal tapi bisa diperhitungkan dengan jumlah kebutuhan dan jumlah user yang akan menggunakan.

Karena menggunakan provider WiFi jaringan terjamin, kecepatan terjamin, pemasangan lebih mudah di sisi lain ada kelebihan lainnya misalnya bonus internet tv.

Cara pemasangannya pun mudah tinggal menghubungi website atau nomor whatsapp marketing provider. Namun sebelum itu ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum meminang provider mana yang akan digunakan. Apa saja sih ?

  • Cari tahu wilayah jangkauan provider tersebut karena tidak semua provider WiFi tersedia di semua kota, ada yang hanya baru menyentuh kota-kota besar.
  • Biasanya mereka memiliki paket-paket tertentu yang menentukan kecepatan dan berapa jumlah user yang sanggup diterima oleh provider. Hal ini harus dicari tahu sebelum membeli.
  • Cek semua biayanya, mulai dari pemasangan, berlangganan, biaya jika penggunaan melebihi batas kuota yang disediakan bahkan kalau perlu biaya pemutusan provider.

Itulah dia beberapa cara pasang WiFi sendiri di rumah yang ekonomis. Silahkan perkirakan dan hitung-hitung kebutuhan WiFi sebelum memilih cara yang mana. Akan disayangkan jika terbuang sia-sia atau justru tekor terus.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Aplikasi VPN Turbo di Berbagai Perangkat