Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo ATM di HP Dengan Mudah

Umumnya untuk melakukan pengecekan saldo atau mengisi saldo e money kita harus datang ke ATM atau minimarket. Kini pekerjaan itu bisa dilakukan dengan mudah karena ada fitur NFC yang tersemat pada gawai masing-masing.

Berbicara mengenai penggunaan NFC, sepertinya masih banyak yang awam dengan fitur satu ini. Oleh karena itu dalam artikel ini akan membahas kegunaan NFC serta cara menggunakan NFC untuk cek saldo ATM melalui hp.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Dengan NFC?

NFC merupakan salah satu perkembangan teknologi yang sudah lama muncul namun baru digunakan belum lama ini. Fitur satu ini biasanya tersemat pada ponsel golongan menengah atas sehingga belum semua ponsel memilikinya.

NFC dapat dipakai untuk membantu transaksi menjadi lebih mudah, seperti mentransfer data, sebagai alat pembayaran, mengisi ulang saldo uang elektronik dan memeriksa saldo ATM. Semua hal itu dapat dilakukan dengan bantuan fitur satu ini tanpa harus ribet dan antri di luar.

Bagaimana Cara Menggunakan NFC?

Dari beragam kegunaan NFC yang disebutkan di atas masih banyak orang yang belum memahaminya. Salah satunya untuk mengecek saldo ATM, padahal jika menggunakan NFC pekerjaan ini bisa lebih mudah. Berikut ini cara menggunakan NFC untuk cek saldo ATM melalui hp :

BACA JUGA  Fungsi dan Cara Kerja Wifi Repeater

1. Memastikan Hp Sudah Didukung Fitur NFC

Belum semua ponsel terdapat NFC di dalamnya. Untuk itu pastikan hp sudah memiliki fitur NFC, seperti hp Samsung A30s, Samsung A50s, Redmi Note 10s, dan lain-lain.

2. Menginstal Aplikasi E-Money

Untuk menggunakan NFC, pertama harus menginstal aplikasi e-money pada playstore. Untuk pengguna kartu mandiri dapat menginstal aplikasi mandiri online. Pada aplikasi ini dapat digunakan untuk pengecekan saldo dan juga isi ulang sekaligus.

Pengguna BNI dapat menginstal BNI Tap Cash, namun aplikasi tersebut belum dilengkapi pilihan untuk melakukan isi ulang saldo. Sama seperti BNI, aplikasi BCA mobile bagi yang menggunakan Flazz BCA hanya bisa membaca jumlah saldo.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto IG Kekinian Ini Bisa Ubah Foto Biasa Menjadi Luar Biasa

Lalu bagi yang menggunakan BRI Brizzi jika ingin melakukan pengecekan dan isi ulang saldo dapat dilakukan melalui satu aplikasi yaitu BRI mobile.

Sedangkan bagi yang menggunakan tidak hanya satu kartu electronic money dan malas menginstal banyak aplikasi di hp karena terlalu ribet, cara menggunakan NFC untuk cek saldo ATM dari banyak kartu tersebut bisa dilakukan lebih mudah dengan menggunakan satu aplikasi saja yaitu aplikasi keluaran Tstudiodev.

Tapi aplikasi ini baru bisa memberikan informasi sisa saldo saja dan belum semua kartu bisa terbaca di sini.

3. Menyalakan NFC di Hp

Setelah memastikan hp dilengkapi dengan NFC dan telah menginstal aplikasi e money. Maka sebelum menggunakan NFC, pertama-tama nyalakan dulu NFC pada hp. Untuk mengaktifkannya bisa melalui notification tray atau lewat pengaturan.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki File Rar yang Rusak di Android Secara Online

4. Menempelkan Kartu Pada Punggung Hp

Setelah mengaktifkan NFC, buka aplikasi lalu tempelkan kartu pada belakang hp. Maka akan otomatis muncul informasi mengenai kartu tersebut, jumlah saldo akan tertera setelah kartu berhasil dipindai oleh NFC.

Bagi yang memakai BRI Brizzi dan e-money Mandiri untuk isi ulang juga bisa dilakukan sekaligus. Sedangkan untuk kartu yang lainnya pengisian saldo masih harus dilakukan melalui ATM, EDC, SMS banking dan lainnya.

Itu tadi cara menggunakan NFC untuk cek saldo ATM dan isi ulang bisa lebih efektif tanpa harus keluar rumah serta bisa lebih efisien. Dengan begitu tidak perlu lagi antri di ATM atau bolak balik hanya untuk melakukan pengecekan saldo pada kartu e money. Dengan adanya NFC kini transaksi cashless menjadi lebih mudah.