Cara Menggunakan Accurate Online Dalam 5 Langkah Mudah

Melakukan pencatatan keuangan perusahaan kini bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan bantuan software Accurate Online. Software ini membantu perusahaan untuk melakukan proses pembukuan yang lebih efisien dan mengurangi human error pada saat melakukan pencatatan keuangan.

Di dalam software ini juga telah dilengkapi beragam fitur yang sesuai dengan standar PSAK. Namun meski demikian masih banyak yang kurang familiar dengan software yang satu ini. Untuk itu bagi calon pengguna silahkan simak langkah cara menggunakan Accurate Online berikut ini :

1. Membuat Akun Di Accurate Online

Untuk bisa menggunakan software ini pertama-tama harus mempunyai akun terlebih dahulu. Jika pengguna baru maka harus mendaftarkan akun dulu.

Untuk mendaftarkannya cukup menggunakan akun email dan masukkan kata sandi. Setelah itu akan ada verifikasi dari Accurate Online yang akan dikirim lewat email. Ikuti alur yang ada untuk melakukan verifikasi akun. Jika berhasil maka akun accurate sudah bisa digunakan.

2. Membuat Database

Setelah mempunyai akun maka accurate online sudah bisa digunakan. Cara menggunakan Accurate Online, pertama adalah menyiapkan database baru. Apa itu database? Jadi pada bagian ini akan berisi data keuangan keuangan perusahaan.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Baterai HP Tanam Supaya Tidak Boros

Untuk membuat database baru klik ‘+’ kemudian akan muncul informasi database seperti nama database dan logo database atau bisa menggunakan logo perusahaan. Setelah diisi maka klik simpan.

3. Mengisi Informasi Awal

Kemudian jika sudah mempunyai database, setelah itu harus mengisi database tersebut dengan informasi atau data-data yang diperlukan agar Accurate Online dapat menyiapkan fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Seperti info perusahaan, pada bagian ini akan berisi data mengenai nama perusahaan, bidang usaha, alamat, periode penghitungan keuangan dan lain-lain.

Fitur dasar, cara menggunakan Accurate Online pada bagian ini cukup mencentang kolom yang disediakan sesuai dengan kebutuhan dalam pencatatan keuangan perusahaan.

Data penjualan, pembelian, persediaan, pada bagian ini juga akan muncul mengenai opsi apa saja yang diperlukan oleh perusahaan. Pilihlah yang diperlukan agar nantinya Accurate Online bisa menyesuaikan fitur yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

BACA JUGA  Ewallet Bar Shopee Generator Gratis Saldo Shopeepay 2022

Pencatatan beban per departemen atau proyek, pada bagian ini bisa diisi apabila usaha sudah mempunyai banyak departemen tau project tertentu. Terakhir ada akun perkiraan, di dalamnya akan berisi semua catatan keuangan, jika menekan opsi ‘ya’ maka Accurate akan membuat pengaturan default. Jika sudah terisi semua maka klik simpan.

4. Melengkapi Data Perusahaan

Pada bagian ini akan mulai memasukkan data perusahaan seperti yang biasa dilakukan pada buku besar. Buatlah file yang berisi data tersebut dalam format excel kemudian unggah file tersebut pada akun perkiraan di Accurate Online. Masukkan data satu persatu sesuai dengan bagian yang telah disediakan oleh Accurate Online.

Jika semua data sudah berhasil diimpor ke Accurate Online maka klik tutup jika tidak ada kesalahan data. Selain mengunggah data tersebut ada juga data pemasok, data pelanggan dan data barang dan jasa.

5. Mengatur Preferensi

Apabila semua langkah di atas telah selesai dilakukan berarti proses sudah selesai dan akun Accurate Online telah siap digunakan. Namun jika ingin menambahkan fitur lain maka bisa mengubahnya pada menu preferensi yang ada di pengaturan.

Itu tadi langkah cara menggunakan Accurate Online yang bisa diikuti oleh pengguna baru. Dengan adanya Accurate Online pencatatan keuangan menjadi lebih mudah dan didukung oleh fitur-fitur yang lengkap. Selain itu menggunakan Accurate Online juga dapat meminimalisir adanya kesalahan dalam pencatatan.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak dengan Mudah