Cara Memperbaiki Wifi Iphone 6, Cepat dan Mudah

Wifi adalah fitur yang memungkinkan sebuah gawai untuk tersambung dengan internet. Salah satu jenis smartphone yaitu iphone juga memiliki fitur ini. Meski demikian, wifi pada iphone bisa mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan. Bagi pengguna iphone 6, berikut adalah cara memperbaiki wifi iphone 6:

Melakukan Restart

Cara memperbaiki wifi iphone 6 yang paling mudah adalah dengan melakukan restart. Pada iphone 6, terdapat tombol Sleep/Wake di sisi kanan gawai yang dapat ditekan. Kemudian akan muncul Power Off slider dan tombol Sleep/Wake sudah dapat dilepas. Geser jari di layar dari kiri ke kanan pada slider, sehingga iphone akan mati.

Setelah beberapa saat, pencetlah kembali tombol Sleep/Wake dan gawai akan kembali mulai menyala. Hal itu ditandai dengan munculnya logo Apple. Tombol kemudian bisa dilepas dan iphone akan selesai direstart. Iphone akan bisa disambungkan kembali dengan wifi.

Mematikan Airplane Mode

Smartphone, termasuk iphone, juga memiliki sebuah fitur bernama Airplane Mode. Jika dinyalakan, Airplane Mode membuat GPS, Bluetooth, koneksi seluler, dan wifi dimatikan. Terkadang pengguna iphone lupa untuk mematikan mode ini ketika sudah turun dari pesawat, sehingga wifi juga tetap tidak tersambung dengan gawai.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki File yang Rusak Setelah di Recovery Menggunakan Aplikasi

Caranya cukup dengan membuka menu Setting atau Pengaturan, kemudian Airplane Mode dapat dimatikan dengan menggeser slider. Slider akan berubah menjadi warna putih, yang menunjukkan Airplane Mode sudah tidak aktif.

Selain melalui menu Setting, Airplane Mode juga dapat dimatikan dengan menggeser layar tombol home. Control Center akan terbuka dan ikon Airplane Mode akan muncul di sebelah kiri. Ketuklah ikon tersebut dan airplane Mode akan segera mati.

Melakukan Reset

Reset merupakan cara untuk mengembalikan iphone ke Factory Setting. Cara ini dapat membuat iphone tersambung ke wifi seperti sedia kala. Namun, perlu diperhatikan metode reset akan menghapus semua data pada iphone. Karena itu semua data, terutama yang penting, harus diback up terlebih dahulu.

Untuk melakukan reset, bukalah menu Setting, lalu pilih opsi General kemudian Reset. Pada layar kemudian akan muncul Erase All Content and Setting. Pengguna iphone lalu akan disuruh memasukkan passcode dan akan ada tampilan peringatan yang harus diperhatikan.

BACA JUGA  Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo ATM di HP Dengan Mudah

Jika sudah membaca dan menyetujui peringatan tersebut, pilih opsi Erase. Pengaturan iphone akan kembali seperti saat baru dan bisa disambungkan dengan wifi.

Memastikan Jarak dengan Router WiFi

Router wifi memiliki jarak jangkauan tertentu yang dapat diraihnya. Wifi dapat digolongkan menjadi IEEE 802.11a, IEEE 802.11g, dan IEEE 802.11b menurut frekuensi dan jangkauan masing-masing. Berdasarkan pengelompokan tersebut, wifi juga dapat menjangkau jarak sekitar 22 meter hingga 105 meter.

Jika melebihi jarak yang telah ditentukan, tentunya iphone tidak akan tersambung dengan wifi. Karena itu, pengguna iphone harus memastikan jarak dengan router dan mendekatinya agar wifi bisa digunakan.

Menghapus Koneksi WiFi yang Bermasalah

Seringkali pemilik iphone menyambungkan gawainya dengan internet menggunakan wifi saat bepergian. Sepulang dari tempat-tempat tersebut, tak jarang pemilik iphone lupa menghapus sambungan ke wifi.

Padahal, bisa jadi koneksi wifi yang lama itu bermasalah dan menumpuk di iphone. Karena itu, cara memperbaiki wifi iphone 6 yang sederhana adalah dengan menghapus koneksi wifi yang bermasalah.

BACA JUGA  6 Aplikasi Percepat Video Menggunakan Komputer Maupun Android

Langkah pertama untuk melakukan ini adalah menyalakan wifi iphone. Kemudian, bukalah menu Pengaturan atau Setting.

Pada menu itu, pilihlah opsi Wi-Fi untuk melihat daftar nama wifi yang pernah dan sedang tersambung pada gawai. Hapuslah password wifi yang tidak akan lagi digunakan dengan mengetuk nama-nama wifi tersebut satu per satu.

Setelah wifi yang tidak diinginkan sudah hilang, restart iphone. Ketika wifi sudah menyala, nyalakanlah kembali sambungan wifi pada menu Setting, lalu sambungkan ke wifi yang diinginkan. Pastikan password yang digunakan sudah benar agar dapat tersambung dengan wifi tersebut.

Wifi merupakan sarana yang penting agar manusia bisa tersambung dengan dunia maya, tak terkecuali bagi pengguna iphone 6. Karena itu, tentu rasanya merepotkan bila wifi rusak. Karena itu sebaiknya wifi iphone 6 segera diperbaiki, sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Copyright © 2023 - PERIPAYER