Cara Memperbaiki File yang Rusak Setelah di Recovery Menggunakan Aplikasi

Jika pernah mendapati file yang tidak bisa dibuka setelah dipulihkan maka bisa jadi ada kerusakan pada file. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya virus, system crash atau bahkan operasi yang keliru.

Dalam kasus tidak dapat dibukanya file karena program komputer tidak bisa membaca format data dari file tersebut disebabkan sebagian data rusak atau hilang. Tetapi ada aplikasi yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Ini dia cara memperbaiki file yang rusak setelah di recovery dengan aplikasi yang bisa menjadi alternatif :

1. Memakai Repair Toolbox

Repair toolbox merupakan aplikasi untuk memulihkan file yang hilang, rusak dan tidak bisa dibuka. Aplikasi ini sendiri sebenarnya terdiri dari beragam tool yang bisa diinstal secara terpisah karena aplikasi ini sendiri terdiri dari 22 tool yang dapat dipakai tergantung kebutuhannya. Misalnya untuk memperbaiki file dokumen, rar, zip dan lain-lain.

BACA JUGA  5 Aplikasi Converter Video PC atau Laptop Terbaik yang Wajib Dicoba

Cara memperbaiki file yang rusak setelah di recovery memakai tool ini yang pertama mendownload tool yang dibutuhkan, misalnya hendak memulihkan file word, maka download word repair toolbox. Kemudian pilih file yang rusak, klik analyze lalu klik start recovery.

2. Memakai Hetman File Repair

Aplikasi ini tidak bisa memperbaiki semua file, namun untuk file gambar saja. Apabila menemukan file gambar yang tidak bisa dibuka maka aplikasi satu ini dapat membantu. File dengan format jpeg, tiff, bmp dan png dapat diperbaiki dengan memakai tool ini. Namun untuk memakai tool ini harus membeli lisensi resmi.

3. Memakai Digital Video Repair

Sesuai dengan namanya aplikasi ini berfungsi untuk memperbaiki file video yang rusak. Kerusakan yang dapat diperbaiki memakai aplikasi ini berupa gambar berhenti selama video diputar, tidak dapat melakukan fast forward atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali.

BACA JUGA  6 Aplikasi Percepat Video Menggunakan Komputer Maupun Android

Selain itu untuk video yang tidak disalin atau diunduh dengan benar bisa dibantu dipulihkan dengan tool ini.

4. Menggunakan Stellar Microsoft Office Repair Toolkit

Sesuai namanya tool ini bisa digunakan untuk memperbaiki file-file dokumen seperti word, excel dan power point. File dokumen yang di recovery terkadang tidak dipulihkan secara utuh dan hebatnya tool ini bisa memperbaiki file bahkan yang dilindungi oleh sandi sekalipun.

Namun, untuk dapat menggunakan seluruh fiturnya perlu membeli lisensi dengan harga yang lumayan tinggi. Namun jika hanya ingin men-scan dan pratinjau saja masih dapat dilakukan secara gratis.

5. Menggunakan System File Checker

System file checker adalah tool yang sudah disediakan oleh windows langsung untuk dapat memperbaiki file sistem yang rusak. Untuk menjalankannya cukup mudah yaitu cukup buka command prompt lalu ketik ‘sfc/scannow’ tanpa tanda petik. Setelah itu tunggu hingga sistem selesai melakukan pemindaian sendiri.

6. Menggunakan Wondershare Data Recovery

Cara memperbaiki file yang rusak setelah di recovery lainnya adalah menggunakan aplikasi wondershare data recovery. File yang rusak karena adanya crash, virus atau mengembalikan file yang sudah dihapus bisa dilakukan melalui tool ini. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis untuk versi trial.

Apabila menemukan file yang tidak dapat dibuka setelah dipulihkan maka bisa jadi ada yang rusak pada file tersebut sebab tidak disalin secara benar atau adanya data yang hilang selama proses atau bahkan virus. Cara memperbaiki file yang rusak setelah di recovery dapat memakai salah satu dari aplikasi di atas.

BACA JUGA  Pahami Kucing dengan Aplikasi Penerjemah Bahasa Kucing Meow Talk

Namun aplikasi yang disebutkan itu tidak semuanya gratis, ada beberapa yang mengharuskan untuk membayar agar bisa menggunakan fitur secara lengkap.