Cara Memperbaiki File Rar yang Rusak di Android Secara Online

Permasalahan utama yang sering dialami pengguna android yaitu perangkat tidak bisa mengekstrak file karena mengalami kerusakan. File yang sering mengalami kerusakan yaitu file dengan format rar.

Kerusakan ini biasanya diakibatkan oleh kesalahan saat mendownload file. Cara memperbaiki file rar yang rusak di android salah satunya dapat dilakukan secara online.

Perbaikan file rar secara online tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Cukup dengan memanfaatkan Tools Online yang ada di internet, file bisa langsung diekstrak untuk bisa dibuka. Berikut langkah cara memperbaiki file rar yang rusak di android secara online :

1. Mencari Website yang Tepat di Internet

Langkah cara memperbaiki file rar yang rusak di android yaitu, pertama mencari website yang tepat di internet. Cukup mengetikkan kata Tools online untuk file Rar di kolom pencarian, maka akan muncul berbagai website yang dicari. Website tersebut bisa langsung dibuka dan digunakan untuk memperbaiki file yang rusak.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Adobe Lightroom, Aplikasi Edit Ala Selebgram

Pemilihan website penting dilakukan karena tidak semua website Tools online menyediakan tools yang diinginkan. Selain itu, beberapa website mengharuskan penggunanya membayar terlebih dahulu.

Ada beberapa website yang gratis, tetapi hanya untuk beberapa file. Contoh website yang bisa mengekstrak file rar secara online yaitu Archive Extractor online, Unrar online dan eziZyp.

2. Membuka Website yang Sudah Dipilih

Website yang sudah dipilih harus dibuka terlebih dahulu untuk bisa digunakan. Ada beberapa website yang membutuhkan login email, tetapi ada juga yang tidak. Website yang sudah dibuka bisa langsung digunakan. Tahapan-tahapan dalam mengekstrak file juga disediakan oleh website tersebut untuk mempermudah penggunanya.

3. Memilih File yang Ingin Diekstrak

File yang akan diekstrak harus dibuka terlebih dahulu melalui website yang telah dipilih. Website yang telah dibuka, akan menampilkan menu dengan tulisan pilih file atau choose file. Pengguna juga akan diberi beberapa pilihan tempat file yang akan diekstrak seperti perangkat, google drive ataupun dropbox.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Aplikasi VPN Turbo di Berbagai Perangkat

Proses membuka file pada setiap website membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Waktu yang diperlukan dipengaruhi oleh besarnya ukuran file dan juga kecepatan internet yang digunakan. Semakin besar file yang akan diekstrak, maka prosesnya akan semakin lama. Begitu juga jika koneksi internet yang digunakan lambat.

4. Mulai Mengekstrak File

File yang akan di ekstrak, harus dipastikan sudah dibuka 100%. File tidak akan bisa diekstrak jika belum terbuka 100%. Waktu yang diperlukan untuk ekstrak file juga dipengaruhi oleh ukuran file dan juga kecepatan internet yang digunakan. Pastikan koneksi internet dalam keadaan baik sebelum memulai mengekstrak file yang diinginkan.

5. Download File yang Sudah Diekstrak

File yang sudah diekstrak bisa langsung dibuka atau didownload sesuai dengan kebutuhan. File yang sudah diekstrak akan berubah formatnya menjadi format zip yang ketika didownload akan seperti folder biasa, sehingga file dapat sewaktu-waktu dibuka tanpa takut terjadi kerusakan lagi.

BACA JUGA  Praktis! 5 Rekomendasi Aplikasi Remote Tv Tabung Tanpa Infrared

Pengguna juga bisa langsung membukanya melalui website jika tidak ingin mendownload file yang sudah diekstrak. Menu ini tersedia di website Archive Extraktor Online. Hasil ekstrak akan menunjukan file apa saja yang ada dalam folder rar itu. Pengguna bisa langsung mengklik nama file yang ingin dibuka jika ingin langsung membukanya.

Cara memperbaiki file Rar yang rusak di android secara online lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menggunakan aplikasi. Apalagi jika dalam keadaan terdesak yang mengharuskan untuk melihat isi dari file tersebut. File juga bisa disimpan kembali di android dalam bentuk format lain agar mudah dibuka di perangkat android yang dimiliki.