Breaking News

Salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah

Salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah

Salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah

Salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah Douwes Dekker dengan nama samaran Multatuli, dia salah satu tokoh Belanda menentang tanam paksa dengan mengarang buku berjudul Max Havelaar.

Penjelasan

Sistem tanam paksa atau cultuurstelsel adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch pada 1830.

Setiap desa wajib menyisihkan sebagian tanahnya untuk ditanami komoditas ekspor, sepeti kopi, tebu, dan indigo.

Ketentuan sistem tanam paksa tersebut tertuang dalam lembaran negara tahun 1834 Nomor 22.

Tanam paksa yang diterapkan Belanda ternyata mendapat kecaman dari berbagai pihak. Dengan kecaman tersebut, Belanda akhirnya menghapus sistem tanam paksa.

Dalam buku Menjinakkan Sang Kuli: Politik Kolonial, Tuan Kebun, dan Kuli Di SUmatera Timur Awal Abad ke-20 (1997) oleh Jan Breman, Eduard Douwes Dekker mengarang buku berjudul Max Havelaar atau Lelang Kopi Perdagangan Belanda yang terbit pada tahun 1860.

Dalam buku tersebut, Douwes Dekker mengajukan tuntutan kepada pemerintah Belanda untuk memperhatikan kehidupan bangsa Indonesia.

Hal ini karena kejayaan Belanda merupakan hasil keringat rakyat Indonesia. Douwes Dekker mengusulkan sikap balas budi Belanda kepada bangsa Indonesia, dengan:

Pendidikan yang layak untuk masyarakat Indonesia, Membangun sakuran pengairan, Meminddahkan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya.

Kesimpulan

Pertanyaan salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan salah satu orang belanda yang menentang sistem tanam paksa dan menulis buku dengan judul max havelaar adalah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

About admin

Check Also

Akhir Abad Ke-18 VOC Resmi dibubarkan Karena Mengalami Kebangkrutan Akibat

Akhir Abad Ke-18 VOC Resmi dibubarkan Karena Mengalami Kebangkrutan Akibat Akhir abad ke-18 VOC resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *