Jelaskan Secara Tertulis Prinsip Prinsip Pemungutan Pajak

Jelaskan Secara Tertulis Prinsip Prinsip Pemungutan Pajak

Jelaskan Secara Tertulis Prinsip Prinsip Pemungutan Pajak

Secara tertulis prinsip prinsip pemungutan pajak adalah Prinsip Keadilan (Equity), Prinsip Kepastian (Certainty), Prinsip Kecocokan/Kelayakan (Convience), dan Prinsip Ekonomi (Economy).

Penjelasan

Prinsip Keadilan (Equity), adalah keadilan vertikal maupun keadilan horizontal dalam pemungutan pajak harus dipenuhi.

Prinsip keadilan intinya memperhatikan pengenaan pajak secara umum serta sesuai dengan kemampuan Wajib Pajak atau sebanding dengan tingkat penghasilannya.

Keadilan horizontal yaitu pembayar pajak dengan kondisi sama atau sejajar akan dikenai beban pajak yang sama.

Sementara keadilan horizontal yaitu ketika pembayar pajak dengan jumlah penghasilan lebih besar akan menanggung beban pajak lebih besar dibanding pembayar pajak dengan penghasilan kecil.

BACA JUGA  Urutan Organ Pernapasan yang Benar

Prinsip Kepastian (Certainty), adalah pemungutan pajak harus dilakukan dengan tegas, jelas, dan terdapat kepastian dan jaminan hukum.

Prinsip kepastian memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak mengenai objek pengenaan pajak, besaran pajak atau dasar pengenaan pajak, serta segala tata cara dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Hal tersebut dimaksudkan agar mudah dimengerti oleh Wajib Pajak dan memudahkan administrasi.

Prinsip Kecocokan/Kelayakan (Convience), adalah pajak yang dipungut hendaknya tidak memberatkan Wajib Pajak serta hendaknya sejalan dengan sistem self assessment.

Artinya, pemerintah mengutamakan serta memperhatikan layak atau tidaknya seseorang dikenakan pajak, sehingga orang yang dikenai pajak akan senang hati dan tulus memenuhi dan membayar kewajiban pajaknya.

Prinsip Ekonomi (Economy), adalah pada saat menetapkan dan memungut pajak harus mempertimbangkan biaya pemungutan pajak dan harus proporsional.

BACA JUGA  Proses pembelian barang atau jasa asing dari suatu negara ke negara lain disebut

Pemerintah akan menerapkan sistem perpajakan yang efektif dan efisien, seperti biaya pemungutan pajak yang rendah. Jangan sampai biaya pemungutan lebih tinggi dari beban pajak yang dikenakan.

Kesimpulan

Pertanyaan jelaskan secara tertulis prinsip prinsip pemungutan pajak kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan jelaskan secara tertulis prinsip prinsip pemungutan pajak yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan jelaskan secara tertulis prinsip prinsip pemungutan pajak melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan jelaskan secara tertulis prinsip prinsip pemungutan pajak yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

BACA JUGA  Peningkatan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan ke arifan lokal disebut