Berikut yang Termasuk Struktur Teks Negosiasi adalah

Berikut yang Termasuk Struktur Teks Negosiasi adalah

Berikut yang Termasuk Struktur Teks Negosiasi adalah

Berikut yang termasuk struktur teks negosiasi adalah terdiri dari tujuh komponen, yakni orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian dan penutup.

Penjelasan

Orientasi adalah proses awal dari negosiasi saat pembicaraan atau tawar-menawar mulai dilakukan. Orientasi dapat berupa ucapan sala, sapaan, maupun pertanyaan awal akan hal yang akan didiskusikan.

Pengajuan merupakan inisiasi dari satu pihak untuk mencapai suatu keinginan. Pengajuan dilakukan satu pihak untuk mengungkapkan keinginannya akan pihak lain. Dalam pengajuan phak-pihak yang terlibat akan mengungkapkan tujuan masing-masing yang ingin dicapai.

Penawaran adalah inti dari negosiasi itu sendiri. Penawaran timbul karena adanya pengajuan. Saat pengajuan satu pihak dianggap tidak sesuai dengan tujuan pihak lainnya, biasanya pihak yang tidak setuju akan melakukan penawaran.

Kedua pihak akan saling bernegosiasi (tawar-menawar) yang didasari oleh perbedaan masing-masing. Penawaran bisa terjadi dengan cepat maupun lambat tergantung pada kompromi yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Persetujuan adalah hasil dari negosiasi di mana kedua pihak telah mencapai kesepakatan. Dalam persetujuan, perbedaan kedua belah pihak telah diatasi dan menghasilkan perjanjian yang saling menguntungkan tanpa adanya paksaan.

Penutup adalah akhir proses dari negosiasi dimana kedua belah pihak saling melontarkan ucapan terima kasih dan juga salam untuk mengakhiri diskusi.

Kesimpulan

Pertanyaan berikut yang termasuk struktur teks negosiasi adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan berikut yang termasuk struktur teks negosiasi adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan berikut yang termasuk struktur teks negosiasi adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan berikut yang termasuk struktur teks negosiasi adalah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top