Dalam Sistem Demokrasi Liberal Pemegang Kekuasaaan Pemerintahan adalah

Dalam sistem Demokrasi Liberal pemegang kekuasaaan pemerintahan adalah

Dalam Sistem Demokrasi Liberal Pemegang Kekuasaaan Pemerintahan adalah

Dalam sistem Demokrasi Liberal pemegang kekuasaaan pemerintahan adalah Perdana Menteri, sehingga dalam rentang waktu 9 tahun saja sudah terjadi 7 pergantian kabinet.

Penjelasan

Demokrasi liberal dapat diartikan sebagai demokrasi yang didasarkan pada hak-hak individu. Setiap warga negara (individu) dapat menjadi pihak yang berkuasa dalam sistem demokrasi ini tanpa memandang dari suku atau agama mana individu tersebut berasal.

Menurut Robert Dahl, ada dua konsep penting yang ada dalam demokrasi liberal. Kedua konsep tersebut adalah kontestasi dan partisipasi. Kontestasi (perdebatan, penyanggahan) dapat terwujud dengan adanya hak untuk membentuk partai dan kebebasan pers.

Adanya kebebasan membentuk partai memungkinkan terakomodasinya aspirasi individu yang seringkali berbeda antara satu individu dengan individu lainnya.

BACA JUGA  Aku adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai tempat menaruh sesajen, siapakah aku?

Perbedaan pandangan politik yang terakomodir itulah yang menjadi salah satu pemicu timbulnya kontestasi. Pada masa demokrasi liberal, budaya kontestasi sangatlah kental sampai-sampai perubahan kabinet terlihat begitu dinamis.

Bagaimana tidak, ada 7 kabinet yang berkuasa hanya dalam kurun waktu 9 tahun berlakunya demokrasi liberal.

Konsep partisipasi yang dimaksudkan Dahl dapat terwujud dengan adanya pemilu. Pemilu yang diadakan pun harus diadakan secara adil dan dapat diikuti oleh semua warga yang memiliki hak suara.

Di dalam sistem pemerintahan demokrasi terpimpin, pemerintahan dikepalai oleh seorang perdana menteri.

Perdana menteri biasanya berasal dari partai peraih suara mayoritas (pemenang pemilu). Nah, pada masa demokrasi liberal inilah banyak terjadi perubahan kebijakan.

BACA JUGA  Akhir Abad Ke-18 VOC Resmi dibubarkan Karena Mengalami Kebangkrutan Akibat

Hal yang sebenarnya dapat dimaklumi melihat seringnya terjadi pergantian kabinet pada era tersebut. Dalam rentang waktu 9 tahun saja sudah terjadi 7 pergantian kabinet.

Kesimpulan

Pertanyaan dalam sistem demokrasi liberal pemegang kekuasaaan pemerintahan adalah kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

Karena, jawaban pertanyaan dalam sistem demokrasi liberal pemegang kekuasaaan pemerintahan adalah yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan dalam sistem demokrasi liberal pemegang kekuasaaan pemerintahan adalah melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan dalam sistem demokrasi liberal pemegang kekuasaaan pemerintahan adalah yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

BACA JUGA  Faktor Sejarah yang Dapat Mendorong Integrasi Nasional adalah