Inilah yang Harus Anda Ketahui Tentang Alergi

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi

Alergi

Alergi adalah respons sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh Anda. Zat asing ini disebut alergen. Mereka bisa termasuk makanan tertentu, serbuk sari, atau bulu hewan peliharaan.

Tugas sistem kekebalan Anda adalah membuat Anda tetap sehat dengan melawan patogen berbahaya. Ia melakukan ini dengan menyerang apa pun yang menurutnya dapat membahayakan tubuh Anda. Bergantung pada alergennya, respons ini mungkin melibatkan peradangan, bersin, atau sejumlah gejala lainnya.

Sistem kekebalan Anda biasanya menyesuaikan dengan lingkungan Anda. Misalnya, saat tubuh Anda menemukan sesuatu seperti bulu hewan peliharaan, ia harus menyadari bahwa itu tidak berbahaya. Pada orang dengan alergi bulu, sistem kekebalan menganggapnya sebagai penyerang luar yang mengancam tubuh dan menyerangnya.

Alergi sering terjadi. Beberapa perawatan dapat membantu Anda menghindari gejala Anda.

Gejala alergi

Gejala yang Anda alami karena alergi adalah akibat dari beberapa faktor. Ini termasuk jenis alergi yang Anda miliki dan seberapa parah alerginya.

Jika Anda minum obat apa pun sebelum mengantisipasi respons alergi, Anda mungkin masih mengalami beberapa gejala ini, tetapi mungkin berkurang.

Untuk alergi makanan

Alergi makanan bisa memicu pembengkakan, gatal-gatal, mual, kelelahan, dan lainnya. Mungkin perlu beberapa saat bagi seseorang untuk menyadari bahwa mereka memiliki alergi makanan. Jika Anda mengalami reaksi serius setelah makan dan Anda tidak yakin mengapa, segera temui ahli medis. Mereka dapat menemukan penyebab pasti dari reaksi Anda atau merujuk Anda ke spesialis.

Untuk alergi musiman

Gejala demam hay dapat menyerupai gejala flu. Mereka termasuk hidung tersumbat, pilek, dan mata bengkak. Sebagian besar waktu, Anda dapat mengelola gejala ini di rumah menggunakan perawatan yang dijual bebas. Temui dokter Anda jika gejala Anda menjadi tidak terkendali.

Untuk alergi parah

Alergi yang parah dapat menyebabkan anafilaksis . Ini adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas, pusing, dan kehilangan kesadaran. Jika Anda mengalami gejala ini setelah bersentuhan dengan kemungkinan alergen, segera dapatkan bantuan medis.

Tanda dan gejala reaksi alergi setiap orang berbeda-beda. Baca lebih lanjut tentang gejala alergi dan apa yang mungkin menyebabkannya.

Alergi pada kulit

Alergi kulit mungkin merupakan tanda atau gejala alergi. Mereka mungkin juga akibat langsung dari paparan alergen.

Misalnya, mengonsumsi makanan yang membuat Anda alergi dapat menyebabkan beberapa gejala. Anda mungkin mengalami kesemutan di mulut dan tenggorokan. Anda juga bisa mengalami ruam.

Dermatitis kontak , bagaimanapun, adalah hasil dari kulit Anda yang bersentuhan langsung dengan alergen. Ini bisa terjadi jika Anda menyentuh sesuatu yang membuat Anda alergi, seperti produk pembersih atau tanaman.

Jenis alergi kulit meliputi:

Ruam. Area kulit teriritasi, merah, atau bengkak, dan bisa terasa nyeri atau gatal.Eksim. Bercak kulit menjadi meradang dan bisa gatal serta berdarah.Dermatitis kontak. Bercak merah dan gatal pada kulit muncul segera setelah kontak dengan alergen.Sakit tenggorokan. Faring atau tenggorokan mengalami iritasi atau peradangan.Gatal-gatal. Merah, gatal, dan mengangkat bekas dari berbagai ukuran dan bentuk mengembangkan pada permukaan kulit.Mata bengkak. Mata mungkin berair atau gatal dan terlihat “sembab”.Gatal. Ada iritasi atau peradangan di kulit.Pembakaran.Peradangan kulit menyebabkan ketidaknyamanan dan sensasi menyengat pada kulit.

Ruam adalah salah satu gejala alergi kulit yang paling umum. Cari tahu cara mengidentifikasi ruam dan cara mengobatinya.

Penyebab alergi

Para peneliti tidak begitu yakin mengapa sistem kekebalan menyebabkan reaksi alergi saat zat asing yang biasanya tidak berbahaya memasuki tubuh.

Alergi memiliki komponen genetik. Artinya, orang tua dapat mewariskannya kepada anak-anaknya. Namun, hanya kerentanan umum terhadap reaksi alergi yang bersifat genetik. Alergi tertentu tidak diturunkan. Misalnya, jika ibu Anda alergi terhadap kerang, bukan berarti Anda juga alergi.

Jenis alergen yang umum meliputi:

Produk hewani. Ini termasuk bulu hewan peliharaan, limbah tungau debu, dan kecoak.Narkoba. Obat penicillin dan sulfa adalah pemicu yang umum.Makanan. Alergi gandum, kacang-kacangan, susu, kerang, dan telur sering terjadi.Sengatan serangga. Ini termasuk lebah, tawon, dan nyamuk.Cetakan. Spora jamur di udara dapat memicu reaksi.Tanaman.Serbuk sari dari rumput, gulma, dan pohon, serta resin dari tumbuhan seperti poison ivy dan poison oak, merupakan alergen tumbuhan yang sangat umum.Alergen lainnya. Lateks, sering ditemukan pada sarung tangan dan kondom lateks, dan logam seperti nikel juga merupakan alergen yang umum.

Alergi musiman, juga dikenal sebagai demam, adalah beberapa alergi yang paling umum. Ini disebabkan oleh serbuk sari yang dilepaskan oleh tanaman. Mereka menyebabkan:

mata gatalmata berairpilekbatuk

Alergi makanan menjadi lebih umum. Cari tahu tentang jenis alergi makanan yang paling umum dan gejala yang ditimbulkannya.

Perawatan alergi

Cara terbaik untuk menghindari alergi adalah menjauhi apapun yang memicu reaksinya. Jika itu tidak memungkinkan, ada pilihan pengobatan yang tersedia.

Pengobatan

Perawatan alergi sering kali mencakup obat-obatan seperti antihistamin untuk mengontrol gejala. Obatnya bisa over the counter atau resep. Apa yang direkomendasikan dokter Anda tergantung pada tingkat keparahan alergi Anda.

Obat alergi meliputi:

antihistamin seperti diphenhydramine ( Benadryl )kortikosteroidsetirizin (Zyrtec)loratadine ( Claritin )cromolyn sodium (Gastrocrom)dekongestan (Afrin, Suphedrine PE, Sudafed)pengubah leukotrien (Singulair, Zyflo)

Singulair hanya boleh diresepkan jika tidak ada pilihan pengobatan lain yang sesuai. Ini karena itumeningkatkan risiko AndaSumber Tepercaya perilaku serius dan perubahan suasana hati, seperti pikiran dan tindakan bunuh diri.

Imunoterapi

Banyak orang memilih imunoterapi. Ini melibatkan beberapa suntikan selama beberapa tahun untuk membantu tubuh terbiasa dengan alergi Anda. Imunoterapi yang berhasil dapat mencegah gejala alergi kembali.

Epinefrin darurat

Jika Anda memiliki alergi parah yang mengancam jiwa, lakukan suntikan epinefrin darurat. Tembakan itu melawan reaksi alergi sampai bantuan medis tiba. Merek umum perawatan ini termasuk EpiPen dan Twinject.

Beberapa respons alergi adalah keadaan darurat medis. Persiapkan diri untuk situasi darurat ini dengan mengetahui reaksi alergi pertolongan pertama.

Pengobatan alami untuk alergi

Banyak obat dan suplemen alami dipasarkan sebagai pengobatan dan bahkan cara untuk mencegah alergi. Diskusikan ini dengan dokter Anda sebelum mencobanya. Beberapa perawatan alami mungkin sebenarnya mengandung alergen lain dan memperburuk gejala Anda.

Misalnya, beberapa teh kering menggunakan bunga dan tanaman yang berkerabat dekat dengan tanaman yang mungkin menyebabkan Anda bersin serius. Hal yang sama berlaku untuk minyak esensial. Beberapa orang menggunakan minyak ini untuk meredakan gejala umum alergi, namun minyak esensial tetap mengandung bahan yang dapat menyebabkan alergi.

Setiap jenis alergi memiliki sejumlah solusi alami yang dapat membantu mempercepat pemulihan. Ada juga pilihan alami untuk alergi anak-anak.

Bagaimana alergi didiagnosis

Dokter Anda dapat mendiagnosis alergi dengan beberapa cara.

Pertama, dokter Anda akan menanyakan gejala Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Mereka akan bertanya tentang sesuatu yang tidak biasa yang mungkin Anda makan baru-baru ini dan zat apa pun yang mungkin bersentuhan dengan Anda. Misalnya, jika Anda mengalami ruam di tangan, dokter Anda mungkin bertanya apakah Anda baru-baru ini mengenakan sarung tangan lateks.

Terakhir, tes darah dan tes kulit dapat mengkonfirmasi atau mendiagnosis alergen yang dicurigai dokter Anda miliki.

Tes darah alergi

Dokter Anda mungkin memesan tes darah. Darah Anda akan diuji untuk mengetahui adanya antibodi penyebab alergi yang disebut imunoglobulin E (IgE). Ini adalah sel yang bereaksi terhadap alergen. Dokter Anda akan menggunakan tes darah untuk memastikan diagnosis jika mereka khawatir tentang potensi reaksi alergi yang parah.

Tes kulit

Dokter Anda mungkin juga merujuk Anda ke ahli alergi untuk pengujian dan pengobatan. Tes kulit adalah jenis tes alergi yang umum dilakukan oleh ahli alergi.

Selama tes ini, kulit Anda ditusuk atau digaruk dengan jarum kecil yang mengandung alergen potensial. Reaksi kulit Anda didokumentasikan. Jika Anda alergi terhadap zat tertentu, kulit Anda akan menjadi merah dan meradang.

Tes yang berbeda mungkin diperlukan untuk mendiagnosis semua alergi potensial Anda. Mulailah di sini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja pengujian alergi.

Mencegah gejala

Tidak ada cara untuk mencegah alergi. Tetapi ada cara untuk mencegah gejala tersebut terjadi. Cara terbaik untuk mencegah gejala alergi adalah menghindari alergen yang memicunya.

Penghindaran adalah cara paling efektif untuk mencegah gejala alergi makanan. Diet eliminasi dapat membantu Anda menentukan penyebab alergi sehingga Anda tahu cara menghindarinya. Untuk membantu Anda menghindari alergen makanan, baca label makanan dengan saksama dan ajukan pertanyaan saat makan di luar.

Mencegah alergi musiman, kontak, dan alergi lainnya dilakukan dengan mengetahui di mana alergen berada dan cara menghindarinya. Jika Anda alergi terhadap debu, misalnya, Anda dapat membantu mengurangi gejalanya dengan memasang filter udara yang tepat di rumah Anda, membersihkan saluran udara Anda secara profesional, dan membersihkan rumah secara teratur.

Tes alergi yang tepat dapat membantu Anda menentukan pemicu yang tepat, yang membuatnya lebih mudah untuk dihindari. Tip lain ini juga dapat membantu Anda menghindari reaksi alergi yang berbahaya.

Komplikasi alergi

Meskipun Anda mungkin menganggap alergi sebagai bersin dan bersin yang muncul setiap musim baru, beberapa reaksi alergi ini sebenarnya dapat mengancam jiwa.

Anafilaksis, misalnya, merupakan reaksi serius terhadap paparan alergen. Kebanyakan orang mengasosiasikan anafilaksis dengan makanan, tetapi alergen apa pun dapat menyebabkan tanda-tanda:

saluran udara tiba-tiba menyempitpeningkatan detak jantungkemungkinan pembengkakan pada lidah dan mulut

Gejala alergi bisa menimbulkan banyak komplikasi. Dokter Anda dapat membantu menentukan penyebab gejala Anda serta perbedaan antara kepekaan dan alergi total. Dokter Anda juga dapat mengajari Anda cara mengelola gejala alergi Anda sehingga Anda dapat menghindari komplikasi terburuk.

Asma dan alergi

Asma adalah kondisi pernapasan yang umum. Itu membuat pernapasan lebih sulit dan dapat mempersempit saluran udara di paru-paru Anda.

Asma sangat erat kaitannya dengan alergi. Memang, alergi dapat memperburuk asma yang sudah ada. Ini juga dapat memicu asma pada orang yang tidak pernah mengalami kondisi tersebut.

Ketika kondisi ini terjadi bersamaan, itu adalah kondisi yang disebut asma akibat alergi, atau asma alergi. Asma alergi mempengaruhi sekitar 60 persen orang yang menderita asma di Amerika Serikat, memperkirakan Allergy and Asthma Foundation of America.

Banyak orang dengan alergi bisa mengembangkan asma. Berikut cara mengenali jika itu terjadi pada Anda.

Alergi vs. dingin

Hidung meler, bersin, dan batuk adalah gejala umum alergi. Mereka juga merupakan gejala umum dari flu dan infeksi sinus. Memang, mengartikan antara gejala yang kadang-kadang umum bisa jadi sulit.

Namun, tanda dan gejala tambahan dari kondisi tersebut dapat membantu Anda membedakan ketiganya. Misalnya alergi bisa menyebabkan ruam pada kulit dan mata gatal. Flu biasa bisa menyebabkan badan pegal, bahkan demam. Infeksi sinus biasanya menghasilkan cairan kuning yang kental dari hidung Anda.

Alergi dapat memengaruhi sistem kekebalan Anda untuk waktu yang lama. Ketika sistem kekebalan terganggu, itu membuat Anda lebih mungkin terkena virus yang Anda temui. Ini termasuk virus yang menyebabkan flu biasa.

Sebaliknya, memiliki alergi justru meningkatkan risiko Anda mengalami lebih banyak pilek. Identifikasi perbedaan antara dua kondisi umum dengan bagan yang membantu ini.

Batuk alergi

Demam hay dapat menghasilkan gejala yang meliputi bersin, batuk, dan batuk terus-menerus yang membandel. Ini hasil dari reaksi berlebihan tubuh Anda terhadap alergen. Itu tidak menular, tapi bisa menyengsarakan.

Tidak seperti batuk kronis, batuk yang disebabkan oleh alergi dan alergi serbuk bunga bersifat sementara. Anda mungkin hanya mengalami gejala alergi musiman ini selama waktu-waktu tertentu dalam setahun, saat tanaman pertama kali mekar.

Selain itu, alergi musiman dapat memicu asma, dan asma dapat menyebabkan batuk. Ketika seseorang dengan alergi musiman yang umum terpapar alergen, saluran udara yang mengencang dapat menyebabkan batuk. Sesak napas dan dada sesak juga bisa terjadi. Cari tahu mengapa batuk demam biasanya lebih parah di malam hari dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Alergi dan bronkitis

Virus atau bakteri bisa menyebabkan bronkitis, atau bisa juga akibat alergi. Jenis pertama, bronkitis akut , biasanya berakhir setelah beberapa hari atau minggu. Bronkitis kronisNamun, bisa bertahan selama berbulan-bulan, mungkin lebih lama. Mungkin juga sering kembali.

Paparan alergen umum adalah penyebab paling umum dari bronkitis kronis. Alergen ini meliputi:

asap rokokpolusi udaradebuserbuk sariasap kimia

Tidak seperti alergi musiman, banyak dari alergen ini bertahan di lingkungan seperti rumah atau kantor. Itu bisa membuat bronkitis kronis lebih persisten dan lebih mungkin untuk kembali.

Batuk adalah satu-satunya gejala umum antara bronkitis kronis dan akut. Pelajari gejala bronkitis lainnya sehingga Anda dapat memahami lebih jelas apa yang mungkin Anda alami.

Alergi dan bayi

Alergi kulit lebih umum terjadi pada anak-anak yang lebih muda saat ini daripada beberapa dekade yang lalu. Namun, alergi kulit menurun seiring bertambahnya usia anak. Alergi pernapasan dan makanan menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia anak-anak.

Alergi kulit yang umum pada bayi meliputi:

Eksim. Ini adalah kondisi kulit inflamasi yang menyebabkan ruam merah yang gatal. Ruam ini bisa berkembang perlahan tapi terus menerus.Dermatitis kontak alergi. Alergi kulit jenis ini muncul dengan cepat, seringkali segera setelah bayi Anda bersentuhan dengan bahan iritan. Dermatitis kontak yang lebih serius dapat berkembang menjadi lepuh yang menyakitkan dan menyebabkan kulit pecah-pecah.Gatal-gatal. Biduran adalah benjolan merah atau area kulit yang timbul setelah terpapar alergen. Mereka tidak menjadi bersisik dan pecah-pecah, tetapi gatal-gatal dapat membuat kulit berdarah.

Ruam atau gatal-gatal yang tidak biasa pada tubuh bayi Anda mungkin membuat Anda khawatir. Memahami perbedaan jenis alergi kulit yang biasa dialami bayi dapat membantu Anda menemukan pengobatan yang lebih baik.

Hidup dengan alergi

Alergi biasa terjadi dan tidak memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa bagi kebanyakan orang. Orang yang berisiko mengalami anafilaksis dapat mempelajari cara mengelola alerginya dan apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat.

Sebagian besar alergi dapat ditangani dengan penghindaran, pengobatan, dan perubahan gaya hidup. Bekerja sama dengan dokter atau ahli alergi dapat membantu mengurangi komplikasi utama dan membuat hidup lebih menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top