Periode Antara Tahun 1950-1959 dalam Sejarah Indonesia Disebut

Periode antara tahun 1950-1959 dalam sejarah indonesia disebut

Periode Antara Tahun 1950-1959 dalam Sejarah Indonesia Disebut

Periode antara tahun 1950-1959 dalam sejarah indonesia disebut sistem Demokrasi Parlementer, yaitu badan legislatif yang anggotanya dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilu.

Penjelasan

Demokrasi Parlementer adalah sistem pemerintahan di mana parlemen negara punya peran penting. Pada sistem ini, rakyat memiliki keleluasaan untuk ikut campur urusan politik dan boleh membuat partai. Selain itu, para anggota kabinet juga diperbolehkan mengkritik pemerintah jika tidak setuju terhadap sesuatu.

Negara Indonesia ternyata pernah menganut sistem ini mulai 17 Agustus 1945 sampai 5 Juli 1959. Tokoh-tokoh Indonesia yang mempercayai dibutuhkannya Demokrasi Parlementer atau dikenal Demokrasi Liberal di antaranya, Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir.

BACA JUGA  Kjokkenmedinger adalah

Menurut keduanya, sistem pemerintahan tersebut mampu menciptakan partai politik yang bisa beradu pendapat dalam parlemen serta dapat menciptakan wujud demokrasi sesungguhnya, yakni dari rakyat, bagi rakyat, dan untuk rakyat.

Dengan kata lain, Mohammad Hatta dalam Demokrasi Kita, Pikiran-Pikiran Tentang Demokrasi dan Kedaulatan Rakyat (2008:122) menambahkan, Indonesia berbentuk republik berlandaskan kedaulatan rakyat.

Terdapat sejarah tentang kelahiran paham Demokrasi Parlementer yang dikatakan berawal dari Demokrasi secara umum di salah satu kota polis, Athena, di zaman Yunani Kuno, hingga meluas ke Eropa, dan akhirnya dikenal dunia. Selain itu, ada juga ciri-ciri, kekurangan, dan kelebihan dari sistem tersebut.

Kesimpulan

Pertanyaan periode antara tahun 1950-1959 dalam sejarah indonesia disebut kami memberikan jawaban dan penjelasan lengkap dan akurat.

BACA JUGA  Dampak Positif yang ditimbulkan dari Periode Penjajahan VOC Bagi Bangsa Indonesia adalah

Karena, jawaban pertanyaan periode antara tahun 1950-1959 dalam sejarah indonesia disebut yang kami berikan telah melalui proses moderasi.

Pertanyaan periode antara tahun 1950-1959 dalam sejarah indonesia disebut melewati proses pengkajian, dengan tujuan untuk menemukan jawaban paling relevan.

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan periode antara tahun 1950-1959 dalam sejarah indonesia disebut yang kami berikan.

Referensi

Perlu Anda ketahui bahwa jawaban dan penjelasan diatas diambil dari berbagai sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Copyright © 2023 - PERIPAYER